Perancangan Sistem Informasi Surat Keluar Pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palembang

Meiliana Permata Sari, Fathiyah Nopriani

Abstract


Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan merupakan program publik dibidang jasa yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi resiko sosial ekonomi akibat kecelakaan kerja. Dalam penyelenggaraannya menggunakan mekanisme asuransi sosial dimana memiliki hubungan dengan peserta yang berkebutuhan jangka panjang. Salah satu bagian yang ada pada BPJS Ketenagakerjaan adalah bagian yang bertugas dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar, dalam pelaksanaan kegiatan mengelolah surat keluar pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palembang masih dilakukan secara manual yaitu dicatat dibuku agenda surat keluar. Hal tersebut dapat mengakibatkan kehilangan maupun kerusakan data. Mengatasi hal tersebut maka dalam penelitian ini peneliti melakukan perancangan sistem informasi surat keluar berbasis website yang bertujuan untuk memudahkan pegawai dalam melakukan proses pengelolaan surat keluar menjadi lebih efektif dan efisien. Adapun metode yang digunakan pada perancangan ini menggunakan metode prototype. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan sistem informasi surat keluar pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palembang.


Keywords


BPJS ketenagakerjaan; Perancangan sistem; Prototype; Sistem informasi

Full Text:

PDF

References


W. Nugraha and M. Syarif, “PENERAPAN METODE PROTOTYPE DALAM PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGHITUNGAN VOLUME DAN COST PENJUALAN MINUMAN BERBASIS WEBSITE,” 2018.

E. Muchtar, “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA JAMBI,” 2019.

“ahmad,Journaleditor,jurnal9(157-165)”.

R. Candra, N. Santi, and A. Fitriyah, “Perancangan Interaksi Pengguna (User Interaction Design) Menggunakan Metode Prototyping,” vol. 9, no. 2.

E. M. Irwansyah, “Pengantar Teknologi Informasi,” Jurike, vol. V, 2014.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Meiliana Permata Sari, Fathiyah Nopriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.