Perancangan Sistem Pembukuan Berita Acara Dan Perjanjian Kerjasama Di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Kota Palembang

Intan Pramudya Lestari, Fathiyah Nopriani

Abstract


ABSTRAK
Teknologi saat ini sudah berkembang pesat, bukti perkembangan teknologi adalah adanya sarana internet dan berbagai aplikasi yang mendukung untuk mempermudah dan menambah kinerja kerja bagi pengguna. Sistem pembukuan adalah proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi yang ditutup dengan menyusun laporan. Sistem pembukuan pada BPJS Ketenagakerjaan masih menggunakan cara manual yaitu dengan cara pencatatan pada buku catatan yang pastinya memakan waktu lama dan cenderung tidak efisien. Pembukuan dengan cara pencatatan pada buku memiliki banyak kekurangan seperti: buku rusak dimakan rayap, basah terkena air, sobek, dsb. Yang mengakibatkan hilangnya data penting dalam pembukuan tersebut. Oleh karna itu dengan perancangan sistem pembukuan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pegawai dalam melakukan pembukuan sehingga data terorganisasi dengan baik. Sistem ini merupakan sistem pembukuan berita acara dan perjanjian kerja sama yang nantinya akan berisi tabel dan format pembukuan. Perancangan ini menggunakan metode Prototype yang berfungsi untuk mendapatkan representasi dari pemodelan sistem yang akan dibuat.. Hasil yang akan dicapai adalah rancangan pembukuan berita acara dan perjanjian kerja sama yang tadinya masih menggunakan cara manual, kini akan terkomputerisasi sehingga pembukuan tidak perlu di catat manual.

 


Keywords


Sistem pembukuan; sistem; prototype.

Full Text:

PDF

References


A. Taqwiym, “Penerapan Metode Iterative Pada Perancangan Sistem Pembukuan Penjualan Pt.Xyz,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 2.

Y. Aprilya et al, Pengelolaan Arsip Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Publik Pada Bidang Hukum Polda Kalimantan Selatan

Y.Priadi wibisono, D. Yudistya “Pembangunan dan pelatihan website toko online”, IKRA-ITH ABDIMAS,3 (3), hal 112-119, ISSN 26454-7546.

F. Susanto, “SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PASIEN PADA PUSKESMAS ABUNG PEKURUN MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE,” vol. 8, no. 1, 2018.

A. Jalil, “SPK Pemberian kredit menggunakan metode WP pada BMT mu’amalah sejahtera Kendari”, J.Teknik Informatika, Vol.3, No.1, 2017, pp.173-180, ISSN: 2502-8928.

V. Marudut and M. Siregar, “PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PENJUALAN PRODUK,” Technology Acceptance Model, vol. 9, no. 1, pp. 15–21, 2018.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Intan Pramudya Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.