Rancang Bangun Sistem Monitoring Penerangan Jalan Umum (PJU) Menggunakan Mikrokontroller Arduino Berbasis Internet of Things

Fifit Fitriyani, Dony Susandi

Abstract


Penerangan jalan umum merupakan bagian penting bagi keberadaan individu kota, terutama pada malam hari, sebagian dari manfaat penerangan jalan umum adalah menjaga keamanan pada daerah sekitar waktu malam, meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengemudi yang bertujuan untuk memperluas persepsi, mengurangi pertaruhan kecelakaan dan kesalahan, dan dapat menghiasi kota baik terus-menerus. Untuk melakukan pengecekan kerusakkan lampu jalan umum para petugas monitoring masih menggunakan sistem manual, Dalam upaya membantu petugas dalam memonitoring kondisi lampu pada penerangan jalan umum kita dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dimana saat ini teknologi sudah berkembang dengan pesat. Menggunakan arduino sebagai mikrokontroller dalam memonitoring kondisi lampu pada penerangan jalan umum yang terdeteksi oleh sensor light dependet resistor (LDR). Arduino akan mengubah data yang diterima dari data analog menjadi data digital. Agar arduino dapat terhubung pada android dan internet diperlukan sistem komunikasi dengan menggunakan modul wifi yaitu ESP 8266. Prototype sistem monitoring dan otomatis penerangan jalan umum ini menggunakan Sensor ldr sebagai input (masukan) yang akan diproses oleh Mikrokontroller Arduino Uno R3, kemudian aplikasi blynk yang terhubung dengan modul wifi esp 8266 sebagai output (keluaran­).


Keywords


PJU Monitoring; Sensor LDR; Esp 8266.

Full Text:

PDF

References


I Gede Andhika Putra, "rancang bangun alat monitoring kerusakan lampu penerangan jalan umum menggunakan mikrokontroller dengan notifikasi sms,", Jcosine, vol 2, no 2, Desember 2018.

Pradana, “rancang bangun Pengendali utama pada sistem kontroling dan monitoring lampu penerangan jalan umum tenaga surya menggunakan wireless sensor network dengan human machine interface terpusat,” repository ITS, 2017

Putra A K Liando, "Sistem Pemantau dan pengendali penerangan jalan umum kota manado secara terpusat menggunakan mikrokontroller ", Jurnal Teknik Elektro.

Sugik Rizky Hikmawan, "Rancang Bangun Lampu Penerangan jalan umum menggunakan solar panel berbasis android ", elektronik informatic and vocational education, vol 3, no 1 2018.

Stevanus, Daniel Yosua. Peluang Pemanfaatan Lampu Led Sebagai Lampu Penerangan Yang Hemat Energi. s.l. : Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012

Eko Ihsanto, "sistem monitoring lampu penerangan jalan umum menggunakan mikrokontroller arduino dan sensor ldr dengan notifikasi sms", Jurnal teknologi elektro, vol 7, no 2, Mei 2016.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fifit Fitriyani fitriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.