DESIGN AND BUILD E-GROCERY SYSTEM IN BANJARAN BUMDES

Fahmi Miftahul Fauzi, Ii Sopiandi, Suhendri Suhendri

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman persaingan bisnis semakin meningkat, dan berdampak pada banyak perusahaan, akibatnya perusahaan dituntut agar bisa lebih efisien dan efektif. Sekarang sistem yang ada di Bumdes Banjaran masih  manual yaitu masyarakat/konsumen harus datang ke tempat. Sehingga dampak positiv dari sistem e-grocery adalah masyarakat/konsumen tinggal membeli barang yang diinginkan, kemudian memasukkannya kedalam keranjang virtual yang selanjutnya akan diproses oleh pihak Bumdes Banjaran, lalu pesanan dikirim ke alamat konsumen setelah melakukan pembayaran terlebih dahulu. Di Bumdes Banjaran ini saya melakukan penelitian yang lebih mengacu pada terbatasnya jangkauan penjualan konsumen dalam membeli produk. Adapun tujuannya adalah mempromosikan produk/barang dengan menggunakan system penjualan online. Pada penelitian ini yaitu menggunakan method model air terjun (waterfall), sehingga dengan sistem tersebut akan mempermudah perusahaan dalam memasarkan produknya, dan mempermudah konsumen/masyarakat dalam proses transaksi/pembayaran yamg dilakukan secara online (khususnya di toko Bumdes Banjaran ini).


Keywords


E-grocery; Bumdes Banjaran; Penjualan Online

Full Text:

PDF

References


A. C. V. a. M. Ganesan, "http://www.idosi.org/mejsr/mejsr22(10)14/13.pdf," Online Sales Promotions of Grocery and Other FMCG Products in Chennai Entity, 22 10 2014. [Online]. Available: http://www.idosi.org/mejsr/mejsr22(10)14/13.pdf.

b. evolution, "http://belajar-ebusiness.blogspot.com/2012/03/e-grocer.html," E-Business, 29 03 2021. [Online]. Available: http://belajar-ebusiness.blogspot.com/2012/03/e-grocer.html.

M. H. W. Aris Darisman, "https://beermediia.blogspot.com/2021/04/mengenal-metode-pembuatan-sistem.html," Mengenal Metode pembuatan sistem informasi Waterfall, 24 04 2021. [Online]. Available: https://beermediia.blogspot.com/2021/04/mengenal-metode-pembuatan-sistem.html.

R. Setiawan, "https://www.dicoding.com/blog/black-box-testing/," Black Box Testing Untuk Menguji Perangkat Lunak, 17 11 2021. [Online]. Available: https://www.dicoding.com/blog/black-box-testing/.

J. W. Media, "https://www.youtube.com/watch?v=pOZE0bb7iLc," Tutorial Java Web Media, 27 04 2017. [Online]. Available: https://www.youtube.com/watch?v=pOZE0bb7iLc.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fahmi Miftahul Fauzi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.