Aplikasi Rental Mobil dan Implementasi Consume REST API Terhadap Perhitungan Pengidap Covid-19 di Indonesia Berbasis Web pada Deka WD Rent Car

Muhammad Muzany Mulyoutomo, Mochamad Alfan Rosid

Abstract


Masalah yang sering dihadapi oleh pengusaha dibidang jasa rental mobil terutama di Deka WD Rent Car adalah proses pengolahan dan pembuatan laporan masih menggunakan pengolaan data yang bersifat pencatatan dalam bentuk pembukuan. Seluruh bukti transaksi atau nota pembayaran setiap hari dikumpulkan dan dilakukan pentatatan ke dalam buku besar transaksi untuk memudahkan pengolahan data transaksi. Setiap mobil yang diambil dan dikembalikan dicatat dalam buku mobil dengan tujuan mempermudah perusahaan melakukan pencarian data mobil ketika ada pelanggan yang akan melakukan pemesanan dan menanyakan ketersediaan mobil. Dengan semakin banyaknya unit mobil dan jumlah pemesanan yang terjadi, cara tersebut sangat tidak efektif dan menyulitkan pihak rental dalam proses pencarian data sehingga menyebabkan terjadinya keterlambatan dalam mendapatkan informasi yang diinginkan pelanggan. Selain itu, hal tersebut menyebabkan keterlambatan dalam pembuatan laporan di pihak rental karena karyawan yang bersangkutan harus mencari data – data yang telah diarsipkan sebelumnya. Oleh karena itu penulis bermaksud mengkomputerisasi system pemesanan, pembayaran, dan pengolahan data transaksi sewa mobil online berbasis web di Deka WD Rent Car untuk memaksimalkan kinerjanya sehingga dapat menjangkau pelanggan lebih muda.

Keywords


Rental mobil; berbasis web; pengusaha; transaksi; pelanggan

Full Text:

PDF

References


Hartono, A., Rostianingsih, S., & Setiabudi, D. H. (2015). Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Administrasi pada Toko Gypsum Mulia Jaya. Jurnal Infra, 3(1), 128-134.

Retnaningroom, S. (2019). SISTEM INFORMASI DEPRESIASI PERALATAN PESTA MENGGUNAKAN METODE GARIS LURUS BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PERSEWAAN PERALATAN PESTA LESTARI) (Doctoral dissertation, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA).

ADELYA, M. (2017). APLIKASI PENGOLAHAN DATA SEWA KIOS PASAR KEBON SEMAI PADA PD PASAR PALEMBANG JAYA (Doctoral dissertation, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA).

Adelheid, A. (2015). Website No. 1 Cara Mudah Bikin Website dan Promosi ke SEO. Yogyakarta: MediaKom.

Nurjayanti, A. (2020). APLIKASI PENGOLAHAN DATA ADMINISTRASI CATERING PADA CV. FIFIN BAKRI BERBASIS WEBSITE (Doctoral dissertation, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA).

Riyan, M., Andie, A., & Amin, M. (2019). APLIKASI RENTAL MOBIL DENGAN FITUR PELACAKAN GPS PADA CV. RAHAYU RENTAL KM 4.5 BANJARMASIN BERBASIS WEB. Technologia: Jurnal Ilmiah, 10(1), 5-9.

Septavia, I., Gunadhi, E., & Kurniawati, R. (2015). Sistem Informasi Penyewaan Mobil Berbasis Web di Jasa Karunia Tour and Travel. Jurnal Algoritma, 12(2), 534-540.

Aditya, S. I. (2013). Perancangan sistem informasi rental mobil Happy Day berbasis web (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Triwibowo, R., Ginting, N. B., & Fatimah, F. (2019). Sistem Informasi Penyewaan Rental Mobil Berbasis Web Pada CV Adelia Transport.

Ikshan, N. R. (2020). APLIKASI RENTAL MOBIL BERBASIS WEBSITE DI DREAM TRANS TRUCUK (Doctoral dissertation, Universitas Widya Dharma Klaten).

Susilo, R. B. (2017). SISTEM PELAYANAN RENTAL MOBIL BERBASIS WEB PADA RENTAL MOBIL NABILA.

Heriyanto, Y. (2018). Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT. APM Rent Car. Jurnal Intra Tech, 2(2), 64-77.

Arifin, M., Mahendra, P. L., & Handayani, P. K. (2016). Implementasi Aplikasi Portal Rental Mobil Online Berbasis Web. Prosiding SNATIF, 295-302.

RAHARJO, D. A., Putra, A., & Efendi, R. (2021). APLIKASI RENTAL MOBIL DAN MOTOR PADA UNO RENTAL BERBASIS WEB MOBILE (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

RUSANDY, G. A. (2018). APLIKASI RENTAL MOBIL BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2651

Refbacks



Copyright (c) 2022 Muhammad Muzany Mulyoutomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.