Sistem Pakar Penyakit Tulang Menggunakan Metode Certainty Factor

Hazmi Ramadhan Al fatri, Ade Eviyanti

Abstract


Penyakit tulang ialah penyakit yang menyerang tulang manusia khususnya lansia. Kebanyakan orang yang terkena penyakit ini tidak menyadari bahwa dirinya terkena penyakit tulang dan baru menyadarinya apabila penyakit tersebut sudah parah atau sudah tidak bisa diobati lagi. Maka dari itu dengan adanya sistem pakar ini diharapkan penyakit tulang pada manusia dapat dideteksi sejak dini dan dapat meminimalisir terjadinya penyakit yang lebih berbahaya. Metode yang digunakan pada sistem pakar ini adalah metode certainty factor. Sistem pakar ini bekerja dengan cara memasukkan gejala sesuai dengan apa yang dialami pasien kemudian sistem akan bekerja sesuai dengan perhitungan yang telah ditentukan oleh pakar di dalam basis pengetahuan. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pakar penyakit tulang menggunakan metode certainty factor berbasis website yang telah di uji coba oleh beberapa user dan menghasilkan diagnosa penyakit tulang sesuai dengan gejala yang telah di inputkan. Website ini dapat dijadikan sebagai alat bantu untuk mendiagnosis penyakit tulang dengan tepat dan akurat, sehingga para penderita penyakit tulang lebih cepat ditangani.

Kata Kunci : Sistem Pakar; Penyakit Tulang; Certainty Factor.


Keywords


Sistem Pakar; Penyakit Tulang; Certainty Factor.

Full Text:

PDF

References


Wisky, I. A., & Akhiyar, D. (2019). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Tulang Berbasis Web Menggunakan Metode Forward Chaining. J. Sains dan Teknol. J. Keilmuan dan Apl. Teknol. Ind, 19(1), 46.

Sari, I. M., & Thalib, F. (2019). Pembuatan Aplikasi Sistem Pakar Berbasis Web Untuk Diagnosis Penyakit Infeksi Yang Disebabkan Oleh Bakteri Dan Virus. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 24(1), 1-13.

Supartini, W., & Hindarto, H. (2016). Sistem Pakar Berbasis Web Dengan Metode Forward Chaining Dalam Mendiagnosa Dini Penyakit Tuberkulosis Di Jawa Timur. Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control, 147-154.

Ardhy, F., Romadon, R., & Oktaliasari, N. (2019). Implementasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Tulang Pada Manusia Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal Informasi Dan Komputer, 7(1), 29-34.

Sari, M. P., & Realize, R. (2019). Sistem pakar mendiagnosa penyakit osteoporosis pada lansia menggunakan metode forward chaining berbasis web. Jurnal Ilmiah Informatika, 7(01), 24-30.

Herfian, D. R., & Hernawati, K. (2017). SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSIS PENYAKIT TULANG, SENDI, DAN OTOT (TSO) PADA MANUSIA BERBASIS WEB. Jurnal Matematika-S1, 6(2), 21-32.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 hazmi ramadhan al fatri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.