Penerapan Metode Certainty Factor untuk Diagnosa Penyakit COVID-19 Berbasis Website

Budanis Dwi Meilani, Muhammad Syahrul Munir

Abstract


COVID-19 (Corona Virus Desease 19) merupakan penyakit jenis baru yang menyerang sistem pernapasan akibat infeksi dari virus corona. Namun disisi lain, terdapat beberapa penyakit lain yang menyerupai penyakit COVID-19 ini. Maka dari itu, penting untuk mengetahui apakah kita terjangkit COVID-19 atau kita sedang terjangkit penyakit yang lain. Disamping itu biaya tes rapid dan swap juga masih terhitung mahal untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah. Untuk menangani hal tersebut, maka dibuat sebuah aplikasi yang dirancang untuk mendiagnosa suatu penyakit yang disebut dengan sistem pakar. Sistem pakar ini dibuat untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan meniru kerja dari seorang dokter. Sehingga user bisa mendiagnosa penyakit yang sedang diderita secara mandiri sebagai sarana pencegahan sejak dini sebelum memeriksakan ke dokter. Sistem pakar ini menggunakan metode penghitungan Certainty Factor (CF) yang memiliki cara kerja dengan memperhitungkan ukuran kepastian terhadap suatu aturan seorang pakar untuk mendapatkan nilai kepercayaan. Hasil penelitian ini yaitu sebuah sistem pakar berbasis website untuk mendiagnosa penyakit yang menyerupai COVID-19 yang mana dari hasil diagnosa akan diberikan saran penanganan penyakit secara mandiri. Dari tiga puluh kali hasil pengujian, aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit dengan menggunakan metode Certainty Factor ini memiliki nilai tingkat akurasi sebesar 76,7 %.

Keywords


Sistem Pakar; Penyakit; COVID-19; Certainty Factor

Full Text:

PDF

References


B. Fatkhurrozi dan A. A. Kurniawan, “SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT SARS, MERS, DAN COVID-19 MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR,” hlm. 6.

A. R. Fahindra dan I. H. Al Amin, “Sistem Pakar Deteksi Awal Covid-19 Menggunakan Metode Certainty Factor,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 1, hlm. 92, Feb 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i1.914.

Dina Maulina, Asih Mukti Wulanningsih, “Metode Certainty Factor dalam Penerapan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Anak”, JOISM : Jurnal Of Information System Management, Vol. 1. No. 2 (2020).

Cyntia Lasmi Andesti, Sumijan, Gunadi Widi Nurcahyo, “Sistem Pakar Menggunakan Metode Certainty Factor dalam Akurasi Mengidentifikasi Penyakit Gingivitis pada Manusia”, Jurnal Informasi dan Teknologi, vol 2, No. 3, 2020

Annahi Riadi, “Penerapan Metode Certainty Factor untuk Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Diabetes Melitus pada RSUD Bumi Panua Kabupaten Pohuwato”, ILKOM : Jurnal Ilmiah vol. 9, No. 3, 2017.

Sutoyo, Kecerdasan Buatan, Yogyakarta: Andi Offset, 2011.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Budanis Dwi Meilani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.