PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PENDIDIKAN DI ERA PANDEMIC BAGI MAHASISWA

Rachmad Maulana Putra, Hirdhan Farhan Antama, Firman Dwi Cahyo Kurniawan, Andy Rachman

Abstract


Pandemi yang disebabkan oleh Covid-19 membuat pelaksanaan proses belajar mengajar harus dilakukan dari rumah. Sekolah/perguruan tinggi menjadi salah satu sektor yang paling terkena dampak akibat pembatasan kegiatan ini. Pelaksanaan pembelajaran online membutuhkan    perangkat elektronik seperti handphone, komputer, laptop, dan koneksi internet. Metode pembelajaran ini disebut dengan e-learning. Sistem e-learning dapat membantu penyedia pembelajaran untuk mengelola, merencanakan, menyampaikan, melacak proses pembelajaran dan pengajaran, membantu instruktur, sekolah, dan universitas memfasilitasi pembelajaran siswa selama periode universitas dan penutupan sekolah. Maka dari itu hadir google classroom yang dapat membantu mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran di era pandemi

Keywords


Google Classrom; Pandemi; Covid-19, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


F. S. Abd. Syakur , Rikhly Faradisy, “Peningkatan Mint Belajar Bahas Inggris di Akademi Kebidanan Graha Husada Melalui Aplikasi Google Class Room Pada Masa Pandemi COVID-19,” J. Pengabdi. dan Pemberdaya. Nusant., vol. 2, no. 1, pp. 88–95, 2020.

N. Aeni, “Pandemi COVID-19: Dampak Kesehatan, Ekonomi, & Sosial,” J. Litbang Media Inf. Penelitian, Pengemb. dan IPTEK, vol. 17, no. 1, pp. 17–34, 2021, doi: 10.33658/jl.v17i1.249.

F. Firman and S. Rahayu, “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19,” Indones. J. Educ. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 81–89, 2020, doi: 10.31605/ijes.v2i2.659.

A. Solichin, D. Kristanto, and G. Triyono, “Optimasi pembelajaran daring siswa dan guru di masa pandemi Covid-19 menggunakan Google Classroom pada PKBM Bhakti Asih,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 4, no. 2, p. 239, 2021, doi: 10.28989/kacanegara.v4i2.953.

V. Mandailina, S. Syaharuddin, D. Pramita, I. Ibrahim, and H. Haifaturrahmah, “Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta-Analisis,” Indones. J. Educ. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 120–129, 2021, doi: 10.31605/ijes.v3i2.955.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rachmad Maulana Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.