Kebutuhan User Experiance untuk Efektivitas Situs Web Kampus pada Mahasiswa Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Haris Dwi Nur Almaas, Dini Nur Fhadilah, Afif Maulana, Andy Rachman

Abstract


Perkembangan teknologi yang sangat cepat dapat dirasakan saat ini. Kebutuhan dalam bersosialisasi ataupun kebutuhan dalam suatu pengambilan data secara praktis merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan pada masa perkembangan teknologi. Untuk itu banyak sekali institusi maupun universitas yang menyediakan suatu situs yang diperuntukan dalam memberikan sebuah informasi  yang dapat secara praktis bisa diakses oleh semua pengguna baik dari pihak internal maupun eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur bagaimana efektivitas user experience situs web Institut Teknogi Adhi Tama Surabaya (itats.ac.id) dapat tercapai pada Mahasiswa Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. Pengukuran efektifitas diambil dari data kuisioner yang telah diisi oleh mahasiswa Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya dalam mengakses situs web tersebut. Dalam perhitungan skala likert terhadap 38 responden dengan jenis kelamin pria 31 orang dan jenis kelamin wanita 7 orang, telah mendapatkan hasil 6(15,8%) Mahasiswa sering menggunakan web,  9(23,7%) Mahasiswa kebutuhan perkuliahan terpenuhi dalam mengakses web, 7(18,4%) Mahasiswa terbantu dalam mengambil informasi perkuliahan, 2(5,3%) Mahasiswa kesulitan dalam mencari informasi perkuliahan pada web, dan sebanyak 2(5,3%) Mahasiswa membutuhkan bantuan orang lain atau teknisi dalam mengakses situs web.


Keywords


User experience; Situs web

Full Text:

PDF

References


N. L. P. G. G. Saraswati, A. A. K. O. Sudana, and N. K. A. Wirdiani, “Perancangan User Interface dan User Experience Berbasis Web Pada SIMRS Modul Sarana Dan Prasarana,” J. Ilm. Teknol. Dan Komput., vol. 1, no. 2, Desember 2020.

D. A. P. A. Widhiani, I. K. R. Arthana, and I. M. A. Pradnyana, “Analisa User Experience Pada Sistem Informasi Akademik Universitas Pendidikan Ganesha Ditinjau dari Pengguna Mahasiswa,” J. Pendidik. Teknol. Dan Kejuru., vol. 15, no. 1, Jan. 2018, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v15i1.13048.

M. B. Wiryawan, “User Experience (Ux) sebagai Bagian dari Pemikiran Desain dalam Pendidikan Tinggi Desain Komunikasi Visual,” Humaniora, vol. 2, no. 2, p. 1158, Oct. 2011, doi: 10.21512/humaniora.v2i2.3166.

P. N. Lestari, P. I. Santosa, and R. Ferdiana, “PENGUKURAN PENGALAMAN PENGGUNA DALAM MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK,” p. 8, 2016.

W. Handiwidjojo and L. Ernawati, “Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus: Duta Wacana Internal Transaction (Duwit),” . . ., vol. 02, no. 01, p. 7, 2016.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Afif Maulana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.