RANDOM NUMBER GENERATE MENGGUNAKAN METODE LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) UNTUK SOAL UJIAN DI SMA TA’MIRIYAH SURABAYA

putra wahyu istianto, shah khadafi

Abstract


Ujian merupakan salah satu program untuk mengukur kemampuan siswa. Pelaksanaan ujian dimaksudkan untuk mengukur pengetahuan seseorang atau peserta didik. Ujian juga dijadikan sebagai alat evaluasi untuk menilai berapa jauh pengetahuan sudah dikuasai dan ketrampilan yang sudah diperoleh. Namun seiringberjalannya waktu sering terjadi kesalahan dalam memberikan soal pada waktu ujian . kesalahan itu dikarenakan masih menggunakan metode fotocopy soal dan soal sebagian tidak terbaca oleh mesin fotocopy. Maka dari itu dibuatlah sebuah Sistem Pengacakan Soal Ujian Dengan Menggunakan Metode Linear Congruent Method (LCM). Proses metode lcm merupakan merupakan salah satu metode pembangkit bilangan acak dimana termasuk ke dalam Pseudo Random Number Generator. Metode Linear Congruent ini sangat banyak digunakan untuk membangkitkan bilangan acak yang bernilai dengan memanfaatkan nilai sebelumnya untuk pengacakan soal ujian berkategori. Hasil pengujian sebanyak 16 kali pengujian didapat ada 8 data yang tidak sesuai dan 360 data yang sesuai, maka diperoleh bahwa akurasi pengacakan dengan menggunakan sistem metode lcm mempunyai keakuratan menandakan sistem berjalan dengan baik dan memberikan informasi pengacakan soal serta mempermudah guru dalam hal menentukan pengacakan soal.


Keywords


Sistem pengacakan soal ; Metode LCM

Full Text:

PDF

References


T. Limbong and J. Simarmata, “IMPLEMENTASI LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) UNTUK PENGACAKAN SOAL UJIAN BERKATEGORI,” p. 4, 2015.

M. A. Verdiana, “Implementasi Algoritma PRNG pada Aplikasi Port Knocking Sebagai Perlindungan Server,” vol. 8, no. 3, p. 12, 2020.

T. Radillah, “Efektifitas Peningkatan Kualitas Lulusan UNBK Melalui E-learning Ujian online Menggunakan Metode LCM,” JISKA J. Inform. Sunan Kalijaga, vol. 4, no. 1, p. 45, May 2019, doi: 10.14421/jiska.2019.41-05.

S. Khadafi, A. Salim, and R. Prabowo, “Rancang Bangun Website UKM Reviora Tanggulangin Sidoarjo Menggunakan Metode Waterfall Sebagai Media Pemasaran Online,” p. 6, 2019.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2021.1827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 putra wahyu istianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.