Perencanaan Strategi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Pada Perusahaan Manufaktur Menggunakan metode Ward dan Peppard (Studi Kasus : PT. ABC)

Alannisa Firdaus, Indra Wahyu Chrisstyadi, Vidia Akhluvi Oktaviyanti, Sofyan Dwi Lastiyono, Hifzhan Muhammad Fikriyaddien, Adib Pakarbudi

Abstract


Perkembangan Sistem Informasi (SI) dan Teknologi infrmasi (TI) yang berkembang pesat telah mempengaruhi seluruh sector bisnis. Salah satu sector bisnis yang dipengaruhi oleh penerapan SI/TI adalah industry manufaktur seperti yang dilakukan oleh PT.ABC. PT. ABC menjadi salah satu perusahaan manufaktur yang telah berinvestasi terhadap penerapan  SI/TI sebagai strategi perusahaan agar dapat bertahan dalam persaingan bisnis.Namun dibalik harapan tersebut diketahui bahwa SI/TI yang diterapkan oleh PT.ABC masih kurang efektif dalam pencapaian tujuan perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan kurangnya keselarasan antara SI/TI yang diimplementasikan dengan strategi bisnis perusahaan. Salah satu penyebab permasalahan tersebut adalah kurangnya perencanaan SI/TI yang baik. Oleh karena itu penelitian ini  akan melakukan perencanaan SI/TI yang dapat menghasilkan rekemondasi SI/TI yang sesuai dengan tujuan dan proses bisnis yang dimiliki oleh PT.ABC. Perencanaan strategi ini menggunakan metode Ward dan Peppard. Metode Analisa yang digunakan adalah Analisa Porter’s Five Force, dan Analisa Value Chain untuk melihat kondisi bisnis perusahaan baik dari segi eksternal maupun internal. Hasil dari penelitian ini berupa portfolio aplikasi yang berisikan 4 sistem informasi beserta spesifikasi teknologi informasi pendukung sistem informasi tersebut.


Keywords


Perencanaan Strategi SI/TI, Metode Ward and Peppard, Analisa Porter’s Five Forces, Analisa Value Chain

Full Text:

PDF

References


A. Pakarbudi and A. Sodik, "Evaluasi Antarmuka Situs Web Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya pada Perangkat Mobile Menggunakan Metode Usability Testing," JURNAL IPTEK, vol. 23, no. 2, pp. 117-124, 2019.

B. Huda, "Perencanaan Strategis Sistem Informasi untuk Mendukung Mutu dan Produktif ( Studi Kasus: PT. Mitrametal Perkasa )," TechnoXplore : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 31-40, 2016.

S. Mawlan and Noviadi, "Perencanaan Strategis Sistem Informasi / Teknologi Informasi Pada Perusahaan Penjualan Mobil Dengan Pendekatan Jhon Ward And Joe Peppard Studi Kasus : PT Topcars Cabang Palembang," pp. 1-8, 2014.

D. Z. Sudirman, A. F. FIA, B. S. Susanto, M. Suharko and M. , "Perancangan Strategis Sistem Informasi PT ABC," ULTIMATICS, vol. IV, no. 1, pp. 12-25, 2013.

D. Tantra,, Y. and L. W. Santoso, "Perencanaan Strategis Sistem Informasi pada Perusahaan Jasa Ekspedisi PT. X," Jurnal Infra, vol. 3, no. 1, 2015.

J. Ward and J. Peppard, Strategic Planning for Information System 3rd, New York: John Wiley & Sons, 2002.

A. Agnes and A. F. Wijaya, "Perencanaan Strategis Sistem Informasi menggunakan Metodologi Ward dan Peppard (Studi Kasus: Nusatovel Salatiga)," Journal of Information Systems and Informatics , vol. 2, no. 2, pp. 246-255, 2020.

I. Isnadi, S. Suparno, I. N. Putra and B. Sukandari, "Strategic Planning of Information and Technology Systems of Indonesian Naval Academy," JOURNAL ASRO - STTAL - INTERNATIONAL JOURNAL, vol. 9, no. 2, pp. 48-62, 2018.

D. Pratama and D. Alamsyah, "IT Strategic Planning pada AMIK XYZ tahun 2020-2024," Jurnal Ilmiah Betrik, vol. 11, no. 1, pp. 19-28, 2020.

F. Manoppo, "Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan Metode Ward And Peppard (Studi Kasus: Pada STMIK Parna Raya Manado)," in 2nd Seminar Nasional IPTEK Terapan (SENIT) 2017, Tegal , 2017.

R. Maulidiyah and T. T. A. Putri, "Perencanaan Strategis Sistem Informasi pada Industri Suku Cadang Otomotif Menggunakan Metode Ward dan Peppard," Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, Sains dan Teknologi Terapan, vol. 1, no. 2, pp. 48-59, 2020.

S. M. Dr. Hoga Saragih and M. Dr. Ir. Harisno, Rencana Strategis Teknologi Informasi (TI) dan Sistem Informasi (SI) pada Proses Binis Perusahaan, Jakarta: Graha Ilmu, 2014.

I. Supriyantoko, "PERANCANGAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI DI SMK DIPONEGORO 1 JAKARTA," ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education), vol. 3, no. 2, pp. 10-18 , 2018.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2021.1815

Refbacks



Copyright (c) 2021 Adib Pakarbudi, Alannisa Firdaus, Indra Wahyu Chrisstyadi, Vidia Akhluvi Oktaviyanti, Sofyan Dwi Lastiyono, Hifzhan Muhammad Fikriyaddien

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.