Pengembangan Sistem Pemilah dan Pengelompokan Penghitung Objek Produksi pada Konveyor Berbasis Kamera dengan Metode RGB Threshold

Andy Suryowinoto, Affan Zihar Wirandi

Abstract


Rekayasa teknologi dalam industri berkembang ikuti kebutuhan pasar, seiring peningkatan dan efisiensi dalam proses produksi pada industri, maka diperlukan suatu inovasi dan pengembangan sistem. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem berdasarkan image processing yang memilah objek produksi pada konveyor sekaligus menghitung jumlah objek yang menggunakan modul kamera pixy2 sebagai sensor utama untuk proses pemilahan dan penghitungan , menaruh barang pada wadah sesuai warna barang tersebut yang dihubungkan dengan sistem board mikrokontroler ATmega328P. Metode yang digunakan pada pemilah yaitu dengan mengambil nilai RGB threshold yang didapatkan dari kamera, dengan sistem pencahayaan yang telah dikondisikan, sehingga tidak tergantung dengan pencahayaan di luar sistem, RBG threshold yang diset parameternya sesuai dengan warna objek yang sedang dipilah, kemudian data tersebut disimpan sesuai kelompok warna yang digunakan di sini dipilih tiga warna dasar objek produksi yang dominan yaitu hitam, putih, dan  kuning, pada konveyor dan data tersebut digunakan untuk menghitung, serta menempatkannya pada container atau wadah sesuai dari tiga warna produk dengan bantuan motor servo sebagai pemilah objek produksi berdasarkan warna dominan tersebut. Saat objek dimasukkan ke dalam container, dilakukan proses hitung pada konveyor yang ditampilkan pada masing-masing wadah menggunakan tiga buah LED seven segment. Hasil percobaan yang dilakukan, total sebanyak 30 kali pengujian, yang terdiri atas masing-masing 10 kali pengujian tiap warnanya. Dengan waktu respons pengujian rata-rata pada 1,9 detik, dari 30 percobaan tersebut 28 kali berhasil mendeteksi warna objek dilanjutkan dengan proses pemilahan objek produksi dan menempatkannya sesuai container warna objek, serta menghitungnya. Sistem 2 kali tidak berhasil mendeteksi karena ada kerusakan mekanik konveyor. Dari pengujian sistem ini, dinyatakan berhasil sebesar 93,3%. Hal ini masih dapat diterima dan dinyatakan berhasil.


Keywords


Image Processing; Konveyor; Modul kamera Pixy2; RGB threshold

Full Text:

PDF

References


Permenperin_No._49_Tahun_2018_.pdf. .

E. F. Da Loves, “PROTOTIPE PEMILAH BENDA BERDASARKAN BENTUK DAN WARNA MENGGUNAKAN CONVEYOR,” Universitas Sanata Dharma, 2017.

H. Soleh, E. W, H. Witarsa, M. Ferdian, D. Yuniarti, and C. Caroline, “Prototipe Penyortir Barang Berdasarkan Warna, Bentuk Dan Tinggi Berbasis Programmable Logic Controller (Plc) Dengan Penggerak Sistem Pneumatic,” J. Mikrotiga, vol. 1, no. 2, 2014.

“Model Ruang Warna Pengolahan Citra Pemrograman Matlab.” .

R. Pi, “Pixy (CMUcam5) Smart Vision Sensor,” Amazon.

M. A. Mazidi, “Laboran,” LCD (Liquid Cryst. Display), pp. 0–2, 2011.

D. Kho, “Pengertian Seven Segment Display (Layar Tujuh Segmen),” Kompon. Elektron., vol. 0, 2018.

A. Hilal and S. Manan, “Pemanfaatan Motor Servo Sebagai Penggerak Cctv Untuk Melihat Alat-Alat Monitor Dan Kondisi Pasien Di Ruang Icu,” Gema Teknol., vol. 17, no. 2, pp. 95–99, 2015.

M. Hendri et al., “Miniatur Conveyor Otomatis Berbasis Mikrokontroler,” J. Ilm. Media Process., vol. 9, no. 1, pp. 46–57, 2014.

M. Majid, “Implementasi arduino mega 2560 untuk kontrol miniatur elevator barang otomatis,” Skripsi, p. 76, 2016.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2021.1783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andi Suryowinoto, Affan Zihar Wirandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.