Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kendaraan Dinas Menggunakan metode AHP – TOPSIS

Budanis Dwi Meilani, Ahmad Efendi Johansah

Abstract


Kendaraan dinas merupakan sebuah alat transportasi yang digunakan oleh pegawai pemerintahan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Saat ini banyak sekali jenis kendaraan baru sehingga banyak pilihan yang harus diambil
dengan tepat untuk melakukan pembelian. Oleh karena itu maka dibuatlah sebuah sistem yang bisa membantu untuk memberikan pilihan yang tepat dalam mengambil sebuah keputusan yaitu sistem pendukung keputusan pemilihan pembelian kendaraan dinas dengan metode AHP - TOPSIS. Metode ini sendiri adalah gabungan dari 2 metode yaitu AHP dan TOPSIS dimana untuk menghitung nilai pembobotan dilakukan dengan matrik perbandingan berpasangan pada metode AHP dengan menghitung kriteria-kriteria seperti harga, kapasitas penumpang, kapasitas tangki, silinder dan sebagainya. Kemudian dilanjutkan dengan menghitung nilai alternatif untuk dilakukan perangkingan dengan metode TOPSIS. Dalam sistem yang dirancang dan dibuat ini mempunyai dua hak akses yaitu admin dan pegawai. Dari hasil uji coba yang dilakukan sebanyak 30 kali didapatkan akurasi data sebesar 83,33% artinya sistem ini bisa igunakan atau direkomendasikan untuk pemilihan pembelian kendaraan dinas.


Keywords


Kendaraan dinas; AHP-TOPSIS; Sistem Pendukung Keputusan

Full Text:

PDF

References


Setiyaningsih, Wiji. (2015). Konsep Sistem Pendukung Keputusan. Yayasan Edelweis. Malang.

Nofriansyah, Dicky. (2015). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. Deepublish. Yogyakarta.

Maharani, S. & Hatta, H. R. & Merdiko, G. (2014). Decision Support System of Culinary Recommendations Using AHP and TOPSIS Methods with Map Visualization. Articles Of Bali International Seminar On Science And Technology (Bisstech) Ii 2014. 2-4 September, Bali, Indonesia.

BD Meilani, DN Setiawan (2020), Penerapan Metode Topsis dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Varietas Padi Unggul, Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan 1(1), 101-108.

BD Meilani, A W Wardana, (2020), Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Resep Makanan Berdasarkan Bahan Makanan Menggunakan Metode Topsis, 2Network Engineering Research Operation 5(1), 15-23.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2021.1753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Budanis Dwi Meilani, Ahmad Efendi Johansah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.