Perbaikan Kualitas Produk Jeriken Menggunakan Metode SPC dan FMEA di PT. XYZ

Sylvia Eka Wardhani

Abstract

Kualitas dari suatu produk yang dihasilkan merupakan salah satu faktor penentu minat bagi konsumen, sehingga perusahaan dituntut untuk mampu memberikan yang terbaik dalam pemenuhan kebutuhan konsumen. Dalam pengendalian kualitas produksi, PT. XYZ telah menetapkan target produk reject ≤ 2% dari total hasil produksi. Tetapi pada kenyataannya rata-rata produk reject adalah 2,99%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat cacat produk apakah masih berada dalam batas kendali atau tidak. Dengan menggunakan metode Statistical Process Control (SPC) dapat diketahui bahwa cacat produk yang terjadi tidak dalam kondisi yang terkendali. Identifikasi penyebab terjadinya cacat menggunakan diagram fishbone didapatkan 4 faktor penyebab yaitu Method, Material, Machine dan Man. Sedangkan dengan menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), dapat diketahui prioritas perbaikan untuk mengurangi cacat produk tersebut diantaranya yaitu dengan mengeksplor pemasok lokal maupun import untuk pemenuhan bahan baku yang sesuai, membuat jadwal preventive maintenance, melakukan proses kalibrasi/verifikasi alat.

Full Text:

11-19

References

H. Tannady, Pengendalian Kualitas, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2015.

E. Supriyadi, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Statistical Proses Control (SPC) di PT. Surya Toto Indonesia, Tbk,” JITMI, vol. 1, no. 1, pp. 63-73, Maret 2018.

A. Prasetyo, Lukmandono and R. M. Dewi, “Pengendalian Kualitas pada Spandek dengan Penerapan Six Sigma dan Kaizen untuk Meminimasi Produk Cacat (Studi Kasus: PT. ABC),” in Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, ITATS, Surabaya, 2021.

N. L. P. Hariastuti, “Analisis Pengendalian Mutu Produk Guna Meminimalisasi Produk Cacat,” dalam Seminar Nasional IENACO, Surakarta, 2015.

V. Devani and F. Wahyuni, “Pengendalian Kualitas Kertas dengan Menggunakan Statistical Process Control di Paper Machine 3,” JITI, vol. 15, no. 2, pp. 87-93, Desember 2016.

A. Z. Muttaqin dan Y. A. Kusuma, “Analisis Failure Mode and Effect Analysis Proyek X di Kota Madiun,” JATI UNIK, vol. 1, no. 2, pp. 81-96, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.