Strategi Pemasaran Aka Coffe Gresik di Era Pandemi Covid-19 Melalui Analisis SWOT

Moch Zainul Arifin, Eva Desembrianita, Moh Agung Surianto

Abstract

Ketidakpastian kondisi bisnis diera pandemi covid-19 sangat berdampak pada pencapaian bisnis. Untuk itu, strategi pemasaran dengan pendekaktan analisis SWOT yang tepat sangat diperlukan untuk bertahan serta meningkatkan penjualan. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi usaha yang cocok diterapkan pada Aka Coffe Gresik adalah dengan menggunakan strategi kekuatan yang dimiliki untuk mengatasi ancaman, 1) Menyediakan tempat yang nyaman dan bersih sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku namun tepat mengedepankan kualitas pelayanan maupun produk terbaik dengan menunjolkan rasa kopi khas hasil roasting blend, 2) Selalu melakukan riset untuk membuat produk baru maupun tipe pelayanan baru agar dapat berkembang dan meningkatkan daya saing, seperti dalam perubahan kemasan penyajian dengan perubahan varian cup plastik/kertas sekali pakai yang ramah lingkungan, 3) Menyempurnakan kualitas dan kuantitas konten yang di update dalam media sosial sebagai langkah digital marketing di era pandemi, 4) Perbaikan stok opname untuk mengurangi dampak dari kelangkaan dan melonjaknya bahan baku kopi dan 5) Melakukan evaluasi manajemen secara terjadwal dan berkelanjutan.

Kata kunci: SWOT, warung kopi, pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References

Hasanuddin, Muhammad Nur. 2019. Makna Warung Kopi Bagi Remaja di Dusun Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi Covid19. Yogyakarta: K-Media.

Aji, Edy Rustam. Evi Yuliawati. 2014. Perancangan Usaha "RIKA" Rempeyek Duri Ikan Bandeng, SENTEKPAN II 488-497

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Richards, C., (2004). Synopsis-OODA Book, "Certain to Win: The Strategy of John Boyd Applied to Business. s.l.: X libris Corporation

Refbacks

  • There are currently no refbacks.