Identifikasi Sistem Kerja Dalam Mengurangi Muskuloskeletal Dan Resiko Cedera Pada Proses Manufaktur (Studi Kasus Pelatihan Mesin Bubut Mahasiswa Teknik Universitas Wijaya Putra Surabaya)

Krisnadhi Hariyanto, Astria Hindratmo

Abstract

Laboratorium sistem produksi Universitas Wijaya Putra merupakan salah satu pusat pengembangan keahlian baik teori dan praktek yang didapatkan dari kegiatan perkuliahan. Masalah ergonomi di laboratorium sistem produksi tersebut masih belum mendapatkan perhatian dalam beberapa program pelatihan. Dalam membangun desain sistem yang baik diperlukan pendekatan desain dengan analisis makro ergonomi dengan work muskuloskeletal disolders (WMSD). Hasil penelitian ini menghasilkan varians pada pembuatan tirus 15o secara simetris menggunakan mesin bubut yang sulit dan memakan waktu. Keseluruhan sistem kerja secara ergonomis pada pembuatan tirus memerlukan lingkungan yang nyaman dan menyenangkan dalam meningkatkan keahlian kerja. Pembuatan tirus dengan sudut 15o harus disesuaikan dengan peralatan yang ada berupa kursi, meja kerja dengan sandaran kaki, pencahayaan yang lebih baik dan fasilitas air minum. Uji kenormalan data dilakukan pada pembuatan tirus 15o pada subyek dan obyek yang sama dan hasilnya menunjukkan pengurangan sekitar 64,40% pada gangguan muskuloskeletal dan pengurangan sekitar 24,20% pada resiko cedera

Full Text:

PDF

References

Water, Thomas. Applications Manual For The Revised NIOSH Lifting Equation.1994.

Niebel B.W. and Freivalds, A. Methods, Standards and Work Design, 9th Ed. New York. Mc. Graw Hill.1999.

Roebuck, John. Anthropometric Methods : Designing to Fit The Human Body, Human Factors and Ergonomics Society.1995.

Bidiawati, Ayu J. R. dan Suryani, Eva., 2015, Improving the Work Position of Worker’s Based on Quick Exposure Check Method to Reduce the Risk of Work Related Musculoskeletal Disorders, Industrial Engineering and Service Science (IESS) 2015. Procedia Manufacturing, Vol. 4, pages 496-503. 2015.

Wardaningsih, Ika, 2016, Pengaruh Sikap Kerja Duduk Pada Kursi Kerja yang tidak Ergonomis Terhadap Keluhan Otot-Otot Skeletal bagi Pekerja Wanita Bagian Mesin Cucuk di PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta, Universitas Sebelas Maret.

Santoso, Sidik., Yasra, Refdilzon., Purbasari, Annisa.. Perancangan Metode Kerja untuk Mengurangi Kelelahan Kerja pada Aktivitas Mesin Bor di Workshop Bubut PT. Cahaya Samudra Shipyard, Profesiensi, Vol. 2, No. 2, halaman 155-164. 2014.

Suma’mur, PK., 2016, Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja, CV. Hajimsagung, Jakarta.

Jing Li, Xianke Huang, Linfan Cui, Nan Chen, Liangti Qu. Review : Preparation and supercapacitor performance of assembled graphene fiber and foam. Progress in Natural Science : Materials International 26. 2016: 212–220.

Zeeshan Baig, Othman Mamat, Mazli Mustapha, Asad Mumtaz, Khurram S. Munir, Mansoor Sarfraz. Investigation of tip sonication effects on structural quality of graphene nanoplatelets (GNPs) for superior solvent dispersion. Ultrasonic-Sonochemistry 45. 2018: 133–149.

Wen Yang, Mei Ni, Xin Ren, Yafen Tian, Ning Li, Yuefen Su, Xiaoling Zhang. Graphene in Supercapacitor Application. Current Opinion in Colloid & Interface Science. 2015; 20:416–428

Fatima Tuz Johra, Jee-Wook Lee, Woo-Gwang Jung. Facile and safe graphene preparation on solution based platform. Journal of Industrial and Engineering Chemistry 20. 2014:2883–2887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.