PENGENDALIAN INVENTORY DALAM PENENTUAN WAKTU PERAWATAN DAN PENGGANTIAN MESIN KOMPONEN KRITIKAL PADA PT. INDONESIA POWER PLTGU GRATI POMU DENGAN METODE BULLWHIP EFFECT.

Trias Septin Hariana, Suparto Suparto

Abstract

Manajemen inventori merupakan pengelolaan stock, dengan proses pengelolaan dan pengontrolan atas persediaan barang atau produk yang akan didistribusikan oleh perusahaan kepada konsumen. Pengelolaan stok barang sangat berkaitan dengan pencatatan dan adminitrasi pengelolaan stock. Dengan menerapkan manajemen perencanaan kerja dan control yang merupakan serangkaian proses meliputi perencanaan, pelasanaan, pengendalian, dan evaluasi kegiatan pemeliharaan agar dicapai hasil kerja yang optimal. PT Indonesia Power PLTGU GRATI POMU merupakan perusahaan milik negara yang bergerak dalam bidang industri pembangkit listrik tenaga gas uap. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur dan menganalisis dalam mengantisipasi terjadinya bullwhip effect. dengan menggunakan metode bullwhip effect dan perhitungan day of inventory. Dalam melakukan pengurangan bullwhip effect perusahaan dapat melakukan pendekatan dengan penerapan information sharing dengan unit-unit supply chain yang ada di antaranya dengan pihak user, pengadaan,gudang, dan inventory yang saling berkaitan. Dengan perhitungan bullwhip effect yang timbul sebesar 0,996. Pola pemesanan kebutuhan metrial-material dapat diklarifikasikan yakni untuk BE < 1 pola pemesanan mendekati stabil, dan untuk BE > 1 maka, pola pemesananya sangat tidak stabil dan cenderung berfluktuatif. Dalam memanfaatkan sumber daya didalam perusahaan terutama dalam hal untuk pengelolaan material part critical dalam pencapaian pemeliharaan dan outage secara efektif dan terencana dengan baik. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan perputaran persediaan (inventory turnover), namun perputaran sediaan dalam hari (day of inventory), perputaran modal kerja (working capital turnover). Sehingga PT. Indonesia Power PLTGU Grati Dalam memanfaatkan sumber daya didalam perusahaan terutama dalam hal untuk pengelolaan material part critical dalam pencapaian pemeliharaan dan outage secara efektif. 

Kata kunci: Manajemen Rantai Pasok, Pengendalian Inventori, Manajemen Perencanaan dan Pengendalian Kerja.

Full Text:

PDF

References

Gazperz, V. 2005. Production Planning and Inventory Control Berdasarkan Pendekatan Sistem Terintegrasi MRP II DAN JIT Menuju Manufakturing 21. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuty, Fredy. 2004. Manajemen Persediaan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Shengbo Peng, Jainhua Dai, 2016. Mitigation of Bullwhip Effect in Supply Chain Inventory Management. Beijing: School of Economic and Management, University of China.

Francesco Costantino, Giulio Digravio, 2013. Bullwhip Effect and Inventory Stability in a Seasonal Supply Chain. Rome: Department of Industrial Engineering, University of Rome. International Journal of Engineering Business Management.

Kazim Sari, 2007. The Benefits of Vendor Managed Inventory. Istanbul: Beykent University, Department of International Logistic and Transportation. International Journal of Physical Distribution & Logistic Management 37 (7).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.