ANALISA PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (Studi Kasus di PT. XYZ)

Gatot Basuki Hari Mukti

Abstract

PT. XYZ merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi kantong plastik untuk beberapa konsumen di bidang retail di pulau Jawa dan Bali. Berdasarkan survey lapangan, perusahaan belum memiliki metode khusus dalam melakukan perencanaan pengadaan bahan baku. Masih dijumpai beberapa masalah seperti kehabisan stok bahan baku dan menumpuknya bahan baku di gudang. Penelitian ini bertujuan untuk mememperlancar pasokan persediaan bahan baku dan mengoptimalkan biaya pengadaan bahan baku serta penyimpanannya. Metode yang digunakan adalah Economic Order Quantity (EOQ), Safety Stock, dan Re Order Point (ROP). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Economic Order Quantity, maka perusahaan dapat menghemat biaya yang dikeluarkan dalam pengadaan bahan baku sebesar Rp.36.080.710,-. Hal ini diperoleh dari selisih total biaya yang dikeluarkan dari perhitungan kebijakan perusahaan dan perhitungan menggunakan metode EOQ.

References

Jessica Juventia et al., "Analisis Persediaan Bahan Baku PT. BS dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ)", Jurnal GEMA AKTUALITA, Vol. 5 No. 1, Juni 2016.

Careza Rizky et al., "Analisis Perbandingan Metode EOQ dan Metode POQ Denganmetode Min-Max Dalam Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada Pt Sidomuncul Pupuk Nusantara", ISSN 1411 – 4321.

Rico Sarjono Simatupang, "Penerapan Metode Period Order Quantity (POQ) dalam Pengendalian Persediaan Palm Kernel Oil (PKO) Dan Crude Palm Oil (CPO) (Studi Kasus: PT. Perkebunan Nusantara III Medan)". Skripsi, Yogyakarta 2017.

Andika Widi Yatmoko, " Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pthalic Anhydride Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Studi Kasus di PT. Alkindo Mitraraya, Skripsi, Yogyakarta 2017.

Mochamad Ikhvan, "ANALISIS PENERAPAN METODE EOQ PADA MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU CABE JAWA DI PT. MARGUNA T.A.F.", Laporan Kerja Praktek, Jakarta 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.