Analisa Pengaruh Motivasi kerja Lingkungan Kerja, Reward Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Gaya Kepemimpinan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Di PT. XYZ)

saul weipsa, Rony Prabowo

Abstract

Di era revolusi industri 4.0 ini suatu perusahaan mendorong untuk meningkatkan kinerja karyawannya, supaya perusahaan dapat mencapai target yang ditetapkan atau mencapai tujuan perusahaan, dalam hal ini untuk meningkatkan kinerja karyawan, supaya bisa mencapai tujuan perusahaan maupun minimal bisa bertahan di saat industri 4.0 ini tetap bertahan, dan bersaing. maka pemimpin perusahaan harus memberikan motivasi yang baik kepada karyawan, menyiapkan fasilitas maupun lingkungan kerja dan juga karyawan yang berkinerja baik akan memberikan reward yang setimbal supaya karyawan lebih semangat untuk bekerja yang lebih baik. Dalam hal ini sumberdaya manusia (SDM) merupakan hal paling penting bag perusahaan guna untuk mencapai perusahaan yaitu dengan adannya meningkat kinerja karyawan, dan gaya kepmimpinan yang baik akan menghasilkan kinerja karyawan yang baik. Survei ini merupakan survei kuesioner terhadap 78 responden yang terdiri dari karyawan yang bekerja di PT. Metode XYZ  yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi yang menggunakan software Windows 3.0 SMAR-TPLS untuk menghitung dengan tingkat signifikan. Hasil  penelitian ini adalah bahwa motivasi berpengaruh positif terhadap gaya kepemimpinan. Dalam hal ini, untuk lebih menyempurnakan pernyataan tersebut, ditunjukkan bahwa t-statistik sebesar 3,280 atau > 1,96 memiliki pengaruh yang signifikan dan p-value 0,0001 > 0,05. Setelah itu Ho ditolak dan Ha diterima, positif signifikan, dan diditerima.

 

Full Text:

PDF

References

Alghazo, A. M., & Al-Anazi, M. (2016). The impact of leadership style on employee’s motivation. International Journal of Economics and Business Administration, 2(5), 37-44.

Dewi, N. N. (2019). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Menggunakan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Media Mahardhika, vol. 17, no. 2, pp. 278-288.

Djuraidi, A., & Laily, N. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, vol. 13, no. 1, pp. 1-14.

Lindawati, M., & Parwoto, P. (2021). The Impact of Transformational Leadership and Motivation on Employee Performance with Job Satisfaction as Intervening Variable in Indonesian Banking Industry During Digital Transformation. Journal of Industrial Engineering & Management Research,vol. 2, no. 4, pp. 51-66.

Salin, D. (2003). Ways of explaining workplace bullying: A review of enabling, motivating and precipitating structures and processes in the work environment. Human relations, vol. 56, no. 10, pp. 1213-1232.

Solihatun, S., Darmawan, A., & Bagis, F. (2021). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Derivatif: Jurnal Manajemen, vol. 15, no. 1, pp. 57-69.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.