Keakurasian Dimensi Concentric Reducer 4x2 STD Hasil Proses Mesin Bevel

Widodo widodo, Benny Haddli Irawan, Jecky Juwanta

Abstract

Perkembangan dunia manufacturing saat ini begitu pesat dan semakin bertambah sekaligus memiliki peranan penting di dalam dunia industri. Perusahaan-perusahaan industri yang bergerak dalam dunia manufaktur semakin bertambah, salah satunya perusahaan manufacturing yang bergerak di bidang carbon steel pipe fitting, yang memproduksi elbow, reducer, tee, dan cap. Produk pipe fitting tersebut digunakan untuk menyambung antara pipa satu dengan pipa yang lain sesuai dengan kebutuhan yang digunakan. Keakuratan hasil proses machining harus disesuaikan dengan spesifikasi yang sudah ditentukan ASME B16.9-2012. Dikarenakan setiap item concentric reducer 4x2 STD memiliki dimensi yang berbeda beda dari setiap pcs. Maka dari itu dimensi pada material harus diukur sebelum melakukan proses machining. Alat yang digunakan untuk proses pengukan yaitu digital vernier caliper dengan kecermatan 1/128 inchi, mistar dengan kecermatan 1/32 inchi, dan bevel protactor. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan cara mengecek dan mengukur raw material dan finish material pada dimensi concentric reducer 4x2 STD. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah hasil ukuran concentric reducer 4x2 STD sesuai dengan standar yang sudah ditentukan ASME B16.9-2012.

References

Creus, Antonio, Instrumentación Industrial, 24 Februari 2020.

BS ISO 5725-1, Akurasi (ketelitian dan ketepatan) dari metode dan hasil pengukuran - Bagian 1: Prinsip dan definisi umum, hal.1, 1994.

Parisher, R. A., & Rhea, R. A. Pipe Drafting and Design. Houston: Gulf Professional, 2011.

Juneja, B., Sekhon, G., & Seth, N., Fundamentals of Metal Cutting and Machine Tools. New Delhi: New Age International (P) Limited, 2005.

Hoffman, E. G., Jig and Fixture Design. New York: Delmar, Cencage Learning, 2004.

ASME B16.9, Standard Factory Made Wrought Buttwelding Fittings. [Online]. Available: https://haihaogroup.com/asme-b16-9-standard-factory-made-wrought-buttwelding-fittings.html, diakses pada 24 Februari 2020.

Eko Yudiyanto, Peningkatan Akurasi Dimensi Produk Hasil Pemesinan Dengan Repetition Of Activity (Studi Pada Operator Pemula), Politeknik Negeri Malang, Malang, 2017.

Hesty Muhannah, Desi Karnita, dan Suparyatun , Makalah Teori Pengukuran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fisika Reguler, Universitas Jambi, Jambi, 2014.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.