Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Rpp Jkt 30 Menggunakan Metode Economic Order Quantity Di PT. Limaputra Contrindo

Aulia Kusumawati, Gina Ramayanti, Edi Sarwono

Abstract

Pengendalian persediaan merupakan salah satu fungsi manajemen yang sangat penting untuk menentukan tingkat persediaan yang harus dijaga supaya persediaan tidak mengalami kehabisan barang atau sebaliknya mengalami persediaan yang berlebihan. PT. Limaputra Cotrindo adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang plastik injection molding, pembuatan mold dan jig yang telah melayani beberapa perusahaan nasional maupun multinasional. Dalam pelaksanaan proses produksi, perusahaan memiliki permasalahan pada bagian inventory yaitu kelebihan bahan baku RPP JKT 30 sehingga menyebabkan besarnya biaya pemesanan Tujuan penelitan ini adalah mengetahui jumlah pemesanan bahan baku yang optimal dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) pada PT. Limaputra Contrindo serta mengetahui total biaya persediaan bahan baku RPP JKT 30 berdasarkan metode Economic Order Quantity (EOQ). Hasil penelitian didapatkan bahwa jumlah pemesanan bahan baku yang optimal untuk RPP JKT 30 di PT. Limaputra Contrindo sebesar 11.975 kg. biaya yang dikeluarkan perusahaan sebesar Rp. 31.861.132. Sedangkan total biaya persediaan yang dikeluarkan perusahaan bila menggunakan metode EOQ adalah sebesar Rp. 28.570.276. maka didapatkan penghematannya sebesar Rp. 3.290.856 dengan menggunakan metode EOQ.

References

Dewi, P. C. P. Dkk. (2019). “Analisis Pengendalian Persediaan Dengan Metode (EOQ) Economic Order Quantity Guna Optimalisasi Persediaan Bahan Baku Pengemas Air Mineral (Studi Kasus Pada PT. Tirta Mumbul Jaya Abadi).” Jurnal Akuntansi Profesi. Vol. 10. No. (2). 2686-2468.

Hamdi, M. I. Dkk. (2019). “Penerapan Re Order Point dan Safety Stock Pada pengadaan chemical Demulsifier dan Chemical Reverse Demulsifier.” Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri. Vol. 5. No. (2). 87-91.

Hariyanto, Fikih. (2020). “Analisis Persediaan Bahan Baku Iso Pthalic Acid (IPA) di PT. Indorama Polypet Indonesia. Universitas Serang Raya.” Laporan Kuliah Kerja Praktek pada Universitas Serang Raya Serang. Tidak diterbitkan.

Pujawan, I. N. dan Mahendrawathi. (2017). Supply Chain Management. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Purnomo, Hari. (2014). Pengantar Teknik Industri. Yogyakarta : Graha Ilmu

Rahayu, Erna. (2020). “Analisis Pengendalian Persedian Bahan Baku Crumb Rubber Dengan Metode EOQ (Economic Order Quantity) Pada PT. Golden Energi Mandiangin.” Jurnal Inovator. Vol. 3. No. (1). 31-36.

Ratningsih. (2021). “Penerapan Metode Ecomonomic Order Quantity (EOQ) Untuk Meningkatkan Efisiensi Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada CV Syahdika.” Perspektif : Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika. Vol. 19. No. (2). 2550-1178.

Simatupang, R. S. (2017). ”Penerapan Metode Period Order Quantity (POQ) Dalam Pengendalian Persediaan Palm Kernel Oil (PKO) dan Crude Palm Oil (CPO). Skripsi Pada Universitas Sumatera Utara Medan. Tidak diterbitkan.

Surnedi, Yusep. (2010). “Analisis Manajemen Persediaan Dengan Metode EOQ Pada Optimalisasi Persediaan Bahan Baku Kain Di PT. New Suburtex”. Tugas Akhir pada Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tidak diterbitkan.

Suryanto, M. R. (2012). “Efisiensi Penggunaan Model EOQ (Eoconomic Order Quantity) Pada PT. Puspa Madu Salatiga.” Among Makarti. Vol. 5. No. (10). 34-110.

Sutrisno and Arista, Anggia. (2021). “Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Metode EOQ Di PT. Polytech Jaya Industri.” Jurnal Comasie. Vol 5. No. (3). 2715-6265.

Vikaliana, Resista. et all. (2020). Manajemen Persediaan. Bandung : Media Sains Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.