Analisia Ekperimental Pada Variasi Jumlah Sudu Blade Terhadap Gerak Rotasi untuk Mesin Penebar Pakan Ikan Mujaer

Hasan Syafik Maulana, Hana Lathifah, Ardin Junianto, Naili Saidatin

Abstract

Budidaya ikan air tawar merupakan salah satu komoditi yang menjanjikan. Salah satu ikan air tawar yang banyak diminati adalah ikan mujaer karena mudah dalam pembibitan dan bersifat konsumtif.Tahap pembibitan, pemeberian makan yang tepat dan pencegahan hama terhadap lingkungnanya merupakan tiga faktor penting dalam proses pembudidayaan ikan air tawar. Pemberian pakan secara manual merupakan salah satu pokok masalah yang perlu diperhatikan dengan seiringnya perkembangan zaman dan teknologi saat ini. Kekurangan pemberian makan ikan secara manual akan memberi efek langsung terhadap perekmbangan ikan. Oleh karena itu pada penelitian ini dilakukan pembuatan rancang bangun berbasis Arduino untuk pemberian pakan ikan mujair secara otomatis. Sistem kerja pada alat ini akan di control secara otomatis pada area seluas 4x5 m, dengan rpm yang digunakan adalah 1000 rpm dan variasi yang dilakukan adalah bentuk blade pada pelontar pakan ikannya. Variasi yang digunakan adalah 3,5 dan 7. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan presentase persebaran jarak terjauh yang mampu dicapai oleh setiap variasi blade berbeda-beda. Persentase persebaran pakan ikan yang optimal adalah pada blade . Blade 5 menghasilkan jarak terdekat sebesar 2,3 m dan jarak terjauh sebesar 3,6 m dengan persebaran pakan sebesar 24,2%.

References

L.Sutiani, Y.Bachtiar, andA.Saleh, “Analisis Model Budidaya Ikan Air Tawar Berdominansi Ikan Gurame (Osphronemus Gouramy) di Desa Sukawening, Bogor, Jawa Barat,” J. Pus. Inov. Masy., vol. 2, 2020.

H. B.Lumentut andS.Hartati2, “Sistem Pendukung Keputusan untuk Memilih Budidaya Ikan Air Tawar Menggunakan AF-TOPSIS,” IJCCS, vol. 9, 2015.

A. M.Ardiwijoyo, A. and Mappalotteng, “Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Ikan dengan Sistem Automatisasi Berbasis Arduino Uno R3 dengan Sistem Kendali SMS,” J. Pendidik. Teknol. Pertan., 2018.

A. S.Enggar Alfianto, Budi Cahyo T A, “RANCANG BANGUN ALAT PEMBERI PAKAN IKAN GURAMI OTOMATIS DENGAN MEMANFAATKAN GERAK ROTASI,” JIFTI, vol. 1, 2018.

A.Asnal, “Analisa Pengaruh Jumlah Blade Terhadap Putaran Turbin Pada Pemanfaatan Energi Angin di Pantai Ujung Batu Muaro Penjalinan,” J. Tek. Elektro ITP, vol. 8, pp. 134–138, Jul.2019, doi: 10.21063/JTE.2019.3133823.

R.Anggit.W, “Rancang Bangun Alat Penebar Pakan Ikan Dengan Menggunakan Gaya Setrifugal Tipe Apung,” Semant. Sch., 2018.

N. S.Gilang Satrio Bawono, Dwi Khusna, Zain Lillahulhaq, “Analisis Variasi Beban dan Bentuk Disk Katup Limbah Terhadap Efek Water Hammer,” J. Mech. Eng. , Sci. Innov.

& M.Supriyono, Budi, Fisika “Gerak Melingkar.” Dikmenjur, Depdiknas, 2004.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.