Pengukuran Kinerja Manajemen Rantai Pasokan Dengan Pendekatan Supply Chain Operations Reference (SCOR) Model 9.0 Di PT Asahimas Chemical

Heru Winarno, Rifki Haryadi

Abstract

Peningkatan daya saing perusahaan dari segi efektifitas dan efesiensi produktivitas menjadi hal terpenting, mutu produk dan pelayanan juga merupakan faktor utama yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dan kelangsungan hidup perusahaan. Oleh kerena itu, PT Asahimas Chemical merupakan perusahaan yang bergerak salah satunya dibidang jasa pengolahan air baku dengan produk air demin melaksanakan kegiatan rantai pasok perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji struktur rantai pasokan produk air demin di PT Asahimas Chemical, melakukan pengukuran kinerja terhadap manajemen rantai pasok untuk produk air demin di PT Asahimas Chemical pemecahan masalah setelah diketahui pengukuran beserta saran dari kegiatan pengukuran dan analisis terhadap manajemen rantai pasok di PT Asahimas Chemical. Analisis penelitian ini menggunakan metode Supply Chain Operations Reference (SCOR) model versi 9.0. Hasil kinerja Supply Chain Management (SCM ) pada pemetaan level 1 sampai level 3 PT. Asahimas Chemical sudah baik, sehingga seluruh unsur rantai pasok saling berhubungan dan menghasilkan kinerja cukup baik. Namun kurang memperhatikan proses source, yaitu penerimaan bahan baku yang merupakan jantung untuk proses awal. Alternatif dalam pemecahan atas masalah tersebut adalah PT. Asahimas Chemical harus lebih memperhatikan proses source untuk mencapai target metrik kinerja supply chain management yang telah ditetapkan.

References

Heizer dan Render. 2005. Manajemen Operasi (Terjemahan Edisi Tujuh). Salemba Empat, Jakarta

Azmiyati dan Hidayat. 2016. Pengukuran Kinerja Rantai Pasok pada PT. Louserindo Megah Menggunakan Metode SCOR dan FAHP. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains dan Teknologi Vol. 3 No. 4.

http://www.supply-chain.org.(2009). Supply Chain Operations Reference Model SCOR version 9.0, Washington DC.

Bolstorff, P. and R. Rosenbeum. 2003. Supply Chain Excellence : A Handbook for Dramatic Improvement Using The SCOR Model. AMACOM, New York.

PT. Asahimas Chemical Manual Book Water Production Reference. Utility Dept. Cilegon-Banten

Rakhman, Machfud dan Arkeman. 2018. Kinerja Manajemen Rantai Pasok Dengan Menggunakan Pendekatan Metode Supply Chain Operation Reference (SCOR). Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis Institut Pertanian Bogor. Vol. 4 No. 1.

Mutakin. 2010. Pengukuran Kinerja Manajemen Rantai Pasokan Dengan Pendekatan SCOR Model 9.0 (Studi Kasus di PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk). Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Tidak diterbitkan.

Doto dan Zulfa. 2018. Perancangan Penilaian Kinerja Berdasarkan Kompetensi Dan KPI (Key Performance Indicator). Jurnal Inkofar. Vol. 1 No.1.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.