Faktor-Faktor Peningkatan Kepuasan Pelanggan Dan Kualitas Layanan Pada Proses Stevedoring Di Terminal Peti Kemas

Syanne Pangemanan, Sumarni Hamid Aly, Muralia Hustim, Mubassirang Pasra

Abstract

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki potensi besar dalam peningkatan perekonomian karena letaknya yang strategis di persilangan jalur perdagangan internasional, sehingga peranan pelabuhan sangat vital. Kehadiran pelabuhan yang memadai berperan besar dalam menunjang mobilitas barang dan manusia. Pelabuhan menjadi sarana penting untuk menghubungkan antar pulau ataupun antar negara. Pembenahan dan perhatian khusus untuk infrastruktur transportasi di Indonesia masih dibutuhkan. Selain jumlah yang masih kurang memadai, begitu juga dengan aspek kualitas pelayanan prasarana dan infrastruktur masih cukup memprihatinkan. Untuk itu dibutuhkan upaya dan kiat-kiat khusus pada penyelamatan infrastruktur dan prasarana transportasi, sehingga eksistensinya dapat memberikan manfaat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor peningkatan kepuasan pelanggan dan kualitas layanan pada proses stevedoring, saat kegiatan membongkar barang dari kapal ke dermaga, atau sebaliknya memuat dari dermaga ke kapal. Penelitian ini difokuskan pada kepuasan pelanggan dan kualitas layanan di terminal peti kemas. Metode yang digunakan untuk melihat faktor-faktor tersebut adalah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil yang diharapkan adalah menemukan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pelanggan dan kualitas layanan pada proses stevedoring di terminal peti kemas.

Kata kunci: stevedoring, terminal peti kemas, kepuasan pelanggan, kualitas layanan.

Full Text:

PDF

References

Triatmodjo, 1996, Pelabuhan, Beta Offset, Yogyakarta

Salim, A. A. 1994. Manajemen Pelabuhan. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Tjiptono, 1996, Manajemen Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Yoeli Janto, Jurnal MTKS Volume 20 No. 2, Desember 2014

Tamin, Ofyar Z. 2008. Perencanaan, Pemodelan, dan Rekayasa Transportasi: Teori, Contoh Soal, dan Aplikasi, Bandung : Penerbit ITB.

Padang Farid. 2018. “Model Angkutan Petikemas Hub Dan Feeder Port Dalam Menunjang Implementasi Tol Laut Di Indonesia Timur”, Disertasi, Universitas Hasanuddin Makassar.

Munawar Ahmad, Dasar-dasar Teknik Transportasi, Yogyakarta, 2005

Tse, D.K. and P. C. Wilton. 1998. Model Of Customer Satisfaction Formation: An Extention, Journal Marketing Research.

Engel, J.F., et al. 1990. ”Consumer Behaviour”, 6th ed, Chicago, The Dryden Press.

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management, Prentice Hall Inc

Due Nha Le, Hong Thi Nguyen, Phuc Hoang Truang, 2019. Port Logistics Service Quality and Custumer Satisfaction Empirical Evidence From Vietnam, The Asian Jouernal of shipping and logistics, Volume 36, Issue 2, June 2020, P. 89-103

Dafazal Saffan, Bambang Syairudin, Fuad Achmadi, 2018. Analisis Kepuasan Pelayanan Dan Loyalitas Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Servqual, IPA, dan QFD, Business and Finance Journal, Volume 3, No. 1, March 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.