PENGAPLIKASIAN METODE MRP DAN SAFETY STOCK UNTUK MENENTUKAN MATERIAL YANG DIBUTUHKAN PADA PT. PELAYARAN NASIONAL EKALYA PURNAMASARI PADA CABANG KALIMANTAN

Yogi Indra Kusuma, Sentono Fristian Yulis Tianto, Ni Komang Sukmawardani, Ni Luh Putu Hariastuti

Abstract

Persediaan merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah perusahaan. Persediaan adalah bahan atau barang yang disimpan yang nantinya akan digunakan untuk memenuhi tujuan tertentu, salah satunya adalah digunakan untuk proses produksi. Persediaan dapat berupa bahan mentah, barang setengah jadi maupun suku cadang. Persediaan akan sangat dibutuhkan karena dalam proses pengadaan suatu bahan dibutuhkan selang waktu tertentu. Dalam sistem persediaan ada beberapa masalah yang biasa dihadapi antara lain adalah penentuan jumlah bahan/material yang seharusnya dipesan. Pada PT. Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari belum adanya cara untuk dapat mengotrol adanya stok sprepart sehingga masih terdapat kerancuan dalam pemesanan PT Nasional Ekalya Purnamasari pada cabang Kalimantan. Pemakaian metode MRP dan Safety Stock diharapkan dapat membuat jadwal pemesanan, menemukan biaya yang paling ekonomis, serta tidak adanya keterlambatanĀ  pemesanan stock. Penelitian ini adalah bersifat deskiptif dengan pendekatan kuantitatif dengan hasil penelitian sebuah jadwal perbaikan yaitu 38 hari sekali, serta perhitungan pemesanan barang dan biaya pesan perbulannya dengan metode safety stock. Pada hasil perhitungan tidak terlihatnya bahwa ada stok yang habis atau terlambat datang pada saat proses perawatan kapal.

References

Abe., 2001. Pengertian Perencanaan, Tujuan Perencanaan, Prinsip Perencanaan, Filosofi Perencanaan Program. [online] .https://dokumen.tips/documents/pengertian-perencanaan-55ef2e8aa4126.html (diakses tanggal 27 Januari 2022).

Herjanto., 2007. Mengenal Fungsi, Jenis dan Tips Pengelolaan Inventory. [online]. http://e-journal.uajy.ac.id/7220/3/3TI04441.pdf. diakses tanggal (27 Januari 2022).

L Daft, Richard., 2006. Manajemen. Edisi 6. Jakarta : Salemba Empat.

Assauri, Sofjan. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi (Edisi Revisi 2008). Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Hariastuti, N. L. P., 2018. Aplikasi Ages Replacement Methods Dalam Menentukan Optimasi Penjadwalan Perawatan Kendaraaan. Matrik (Jurnal Manajemen Dan Teknik), 11(1), 44.

D. K. Sofyan, Perencanaan & Pengendalian Produksi, Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Handoko, T.Hani. 2015. Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Pertama. BPFE Yogyakarta

I Gede Arya Krisna Putra dan Ni Luh Putu Hariastuti,. 2019. Analisis Penerapan Material Requirement Planning dengan Mempertimbangkan Lot Sizing Model dalam Pengendalian Persediaan Bahan Baku Tissue Dinner. [online] http://ejournal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/595. (diakses 28 Januari 2022)

Arman Hakim & Yudha Prasetyawan. 2008. Perencanaan & Pengendalian Produksi. Yogyakarta Graha Ilmu.

PENGERTIAN PERENCANAAN, TUJUAN PERENCANAAN,

PRINSIP PERENCANAAN, FILOSOFI PERENCANAAN

PROGRAM

PENGERTIAN PERENCANAAN, TUJUAN PERENCANAAN,

PRINSIP PERENCANAAN, FILOSOFI PERENCANAAN

PROGRAM

Rangkuti, Freddy., 2007. Manajemen Persediaan : Aplikasi di Bidang Bisnis. Edisi 2. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Render B. dan J. Heizer. (2011). Manajemen Operasi Terjemahan Buku 2. Edisi 9. Salemba Empat : Jakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.