Analisa Pengaruh Metode Fairing Terhadap Sifat Mekanis Di Area Pengelasan Pada Lambung Kapal

Rizki Dwi rachmadi Rizki, Erifive Pranatal, Pramudya Imawan

Abstract

Pada pembangunan kapal banyak proses yang dilalui sehinga tidak luput dari kesalahan. Salah satunya yakni timbulnya deformasi pada lambung kapal. Deformasi adalah perubahan bentuk material yang disebabkan oleh tekanan dan tarikan yang diterima oleh material plat yang terkena panas dari proses pengelasan. Untuk mengurangi atau menghilangkan deformasi maka dapat dilakukan proses heat treatment yang biasa disebut fairing. Faring yaitu proses memanaskan material sebanyak 1 – 4 kali dengan suhu 120°C-580°C  dialiri air ataupun angin yang bertujuan untuk meluruskan plat ataupun Joint plate yang deformasi dan menyesuaikan bentuk yang diinginkan. Ada beberapa metode fairing yaitu metode line heating ( pemanasan garis ) dan metode spot heating ( pemanasan terpusat ). Metode line heating 4 kali yang mempengaruhi kekuatan pengelasan yaitu dengan kuat uji tarik sebesar 460.26 Mpa. Material dengan tingkat kekerasan tertinggi adalah material yang menggunakan metode Line Heating sebanyak 4 kali dengan tingkat kekerasan rata-rata adalah 225,39 HVN pada area HAZ (Heat Affected Zone). Jika dilihat dari struktur mikro material tidak jauh berbeda. Fasa yang terbentuk adalah Fearlit dan ferrit. Pada area HAZ (Heat Affected Zone) struktur mikro akan terlihat berbeda karena mengalami perubahan butiran struktur yang disebabkan oleh pengaruh panas saat proses fairing. Pada daerah HAZ akan mengalami proses rekristalisasi dan pertumbuhan butir.

References

ASTM. (2014). Astm D3039/D3039M. Annual Book of ASTM Standards. https://doi.org/10.1520/D3039

BKI. (2016). Rules for the Classification and 2016 Edition Biro Klasifikasi Indonesia: Vol. III.

International Standard ISO. (2015). Metallic materials - Vickers hardness test - Part 1: Test method. International Standard.

Meryanalinda, M., Ardian, D. R., Shocib, M., & Yasin, A. (2020). ANALYSIS OF CORROSION RATE OF ASTM A 387 GRADE 12 AND A 283 GRADE FOR SULFURIC ACID TANK MATERIAL. Journal of Applied Sciences, Management and Engineering Technology, 1(2), 50-57.

Quantitative Metalography Of Heat Treated Žs6k Superalloy. (2012). Materials Engineering.

Rois, M. A., Santosa, P. I., & Pranatal, E. (2018, September). Study analisis pekerjaan fairing pada lambung kapal di PT. PAL Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan (pp. 93-100).

Sastranegara, A. 2009. (2009). Mengenal Uji Tarik & Sifat-Sifat Mekanik Logam. Uji Tarik Dan Sifat Mekanik.

Utomo, B. (2019). Perbaikan Deformasi Plat Baja Pada Konstruksi Block Ss1a Kapal Cepat Rudal 60M Akibat Proses Assembly. Jurnal Proyek Teknik Sipil.

Wardani, I. P., Setyowati, V. A., Suheni, S., & Samudra, I. P. (2020). the Effect of Welding Current on Aisi 1045 Strength and Corrosion Rate. Journal of Applied Sciences, Management and Engineering Technology, 1(2), 40-45.

Pratama, R. Y., Basuki, M., & Pranatal, E. (2020, July). Pengaruh variasi arus pengelasan smaw untuk posisi pengelasan 1g pada material baja kapal ss 400 terhadap cacat pengelasan. In Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan (Vol. 2, No. 1, pp. 203-209).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.