Perumusan Strategi Pemasaran Jasa Efektif Dengan Integrasi Metode PDSQ (Physical Distribution Service Quality) dan TRIZ (Studi Kasus : UD. XYZ)

Mohammad Ainul Fais, Indung Sudarso

Abstract

Perkembangan usaha mikro menengah atau yang sering disingkat menjadi UMKM terbilang sangat berkembang
pesat diera modernisasi, terbukti UMKM mampu tetap survive di tengah COVID-19, dengan data terbaru
menunjukkan UMKM mampu menyumbang pertumbuhan ekonomi hingga 61,07 persen PDB, pemerintah juga
turut andil dalam mendukung perkembangan UMKM Indonesia, dengan mengucurkan dana sebesar Rp162,40
triliun untuk mensuport UMKM supaya mampu bertahan. Berbicara mengenai UMKM bisnis rumahan souvenir
UD. XYZ merupakan salah satu UMKM baru yang mengalami penurunan pesanan dikarenakan belum adanya
standar pelayanan untuk UD. XYZ mendapatkan empati dan loyalitas konsumen dikarenakan banyaknya komplain
mengenai kinerja kualitas pelayanan UD. XYZ, Sehingga peneliti tertarik meneliti kualitas pelayanan UD. XYZ
menggunakan PDSQ sebagai penentu atribut yang menjadi prioritas perbaikan, selanjutnya diperbaiki menggunakan
TRIZ. Dan didapatkan hasil atribut X1, X2, X4, X5, X8, dan X10 sebagai prioritas perbaikan menggunakan TRIZ.
hasil pengolahan menggunakan TRIZ, atribut yang diperbaiki mendapatkan solusi yang akan menjadi pertimbangan
perusahaan, dengan hasil atribut X1 mendapatkan solusi dynamics, X2 mendapatkan solusi The other way round,
X4, X5, dan X8 mendapatkan solusi Merging, Consolidation or combining, dan atribut terakhir mendapatkan solusi
Preliminary action.
Kata kunci: Kualitas pelayanan, PDSQ, TRIZ.

References

Firman Hidranto, “Perkembangan UMKM di indonesia,” indonesia.go.id, Jakarta, 2021.

Hanif Nashrullah, “Jatim Fair 2021 momentum kebangkitan UMKM,” jatim.antaranews.co, surabaya, 2021.

Hany Akasah, “Bupati Gresik Buka Kembali Pudak Galeri dengan Konsep Kekinian,”radargresik.jawapos.com, gresik, Nov. 04, 2021.

C. C. Bienstock, J. T. Mentzer, and M. M. Bird, “Measuring physical distribution service quality,” J. Acad. Mark. Sci., vol. 25, no. 1, pp. 31–44, 1997, doi: 10.1007/BF02894507.

G. Altshuller, The Innovation Algorithm : TRIZ, Systematic Innovation and Technical Creativity,

Vol 1., vol. 6, no. 1. united states of america: Technical Innovation Center Inc., 1999.

Fandy Tjiptono & Gregorius Chandra, Pemasaran strategik, Ke-2. Yogyakarta: ANDI, 2012.

M. G. Akbar, A. N. Rukmana, and P. Renosori, “Perbaikan Kualitas untuk Meminimasi Kecacatan Produk Aluminium Menggunakan Metode SQC dan TRIZ Quality Improvement to Minimize Aluminum Product Disability Using SQC And TRIZ profil yang berkualitas sesuai dengan adalah untuk mendapatkan jaminan Statistic,” pp. 343–350, 2019.

F. Fahrizal and N. Rahman, “Usulan Perbaikan Kualitas untuk Meminimasi Kecacatan pada Produk Casing TC Usb di PT . Indah Varia Eka Selaras dengan Menggunakan Metode TRIZ,” pp. 26–33.

and B. H. B. Lewis, Robert C., “Emerging perspectives on services marketing,” The marketing aspects of service quality. pp. 99-107., 1983.

A. Parasuraman, L. L. Berry, and V. A. Zeithaml, “More on improving service quality measurement,” J. Retail., vol. 69, no. 1, pp. 140–147, 1993, doi: 10.1016/S0022-4359(05)80007-7.

D. Friday, J. Ntayi, M. Muhwezi, S. Eyaa, and B. Tukamuhabwa, “Collaboration Arrangements, Internet Technologies and Physical Distribution Service Quality,” Univers. J. Manag. Soc. Sci., vol. 2, 2012.

J. Supranto, “Proposal Penelitian dan contoh.,” Universitas Indonesia, Jakarta, 2004.

Genrich Altshuller, 40 principles : triz keys to innovation.pdf, Vol 1. united states of america: technical innovation center inc., 1998.

“Triz40.com.” Solid Creativity, [Online]. Available: http://triz40.com/TRIZ_GB.php.

H. S. Dhedy Yuswandi, “Analisis Perbaikan Kualitas Layanan Penjualan Menggunakan Metode Servqual dan TRIZ Untuk Menciptakan Loyalitas Konsumen Pada CV. XYZ,” Inst. Teknol. Adhi Tama Surabaya, pp. 127–133, 2021.

M. Andivas, W. N. Cahyo, and A. Mansur, “Desain Inovasi Sistem Pelayanan pada Bisnis Trasportasi dengan Metode Servqual dan Pendekatan TRIZ,” Teknoin, vol. 25, no. 2, pp. 126–133, 2019, doi: 10.20885/teknoin.vol25.iss2.art6.

O. R. Dini Pancawati, Nugraha, “Pengukuran dan Perbaikan Kualitas Jasa Surat dan Paket PT Indonesia Menggunakan Metode ServQual dan TRIZ (Studi kasus : Kantor Pos Kelas II Bandung),” vol. Sarjana te, 2015.

A. H. Diana Puspita Sari, “Usulan Perbaikan Kualitas Jasa dengan Menggunakan Model Service Quality (Servqual) dan Metode TRIZ (Studi Kasus: Rumah Sakit Sariningsih).,” vol. VII, no. 2, pp. 95–104, 2019.

N. Erni, I. K. Sriwana, and W. T. Yolanda, “Peningkatan Kualitas Pelayanan Dengan Metode Servqual Dan Triz Di Pt. Xyz,” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 2, no. 2, pp. 92–100, 2017, doi: 10.24912/jitiuntar.v2i2.483.

D. Oktaviani and H. R. Zadry, “Evaluasi Kualitas Layanan Nasabah dengan Metode Kano, Analisis Kuadran dan Triz Studi Kasus: Bank Nagari Cabang Pembantu Universitas Bung Hatta Padang,” J. Optimasi Sist. Ind., vol. 15, no. 2, p. 181, 2017, doi: 10.25077/josi.v15.n2.p181-202.2016.

S. Rahayu and D. Lukmandono, “Peningkatan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dengan SERVQUAL dan TRIZ (Studi Kasus : di PT Pos Indonesia KPRK Tuban),” Pros. Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap., vol. 1, no. 1, p. 309, 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.