Penentuan Penyebab Cacat Kritis Produk dengan Menggunakan FMECA

Sandra Ria Hadiwiyanti, Evi Yuliawati

Abstract

PT. XYZ merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai macam biskuit salah satunya adalah jenis square puff. Pada saat proses produksi berlangsung, terkadang di temui kendala yang menyebabkan produk tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah di tentukan atau cacat produk. Berdasarkan data hasil laporan bulanan diketahui ada beberapa jenis cacat seperti cacat bentuk, cacat oven, gosong, packaging, warna, dan lain-lain. Berdasarkan permasalahan cacat tersebut, maka PT. XYZ harus melakukan analisa penyebab cacat yang paling kritis dari kualitas produk yang dihasilkan. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode FMECA (Failure Mode Effect and Criticality Analysis) untuk mengidentifikasi dan menganalisa mode dan efek kegagalan, serta penyebab kegagalan. FMECA (Failure Mode Effect and Criticality Analysis) merupakan alat rekayasa yang direkomendasikan untuk menganalisa mode dan efek kegagalan produk yang dihasilkan dan merupakan pengembangan dari metode FMEA (Failure Mode Effect and Analysis). Dari hasil dari analisa yang dilakukan dengan menggunakan metode FMEA (Failure Mode Effect and Analysis) dengan perhitungan RPN (Risk Priority Number) dan CA (Critically Analysis), serta analisa dengan diagram pareto dan diagram sebab akibat maka didapatkan 2 prioritas mode kegagalan, yaitu biskuit gosong dan biskuit soft atau kurang matang serta dapat menentukan penyebab terjadinya cacat pada mode kegagalan tersebut sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya cacat akibat kegagalan proses produksi.

References

Mulyono, “Jurnal Ilmiah Widya Teknik Perancangan Preventive Maintenance dengan Menggunakan Metode Failure Mode Effect and Critically Analysis (FMECA),” vol. 17, hal. 80–86, 2018.

A. Rahman dan F. Fahma, “Penggunaan Metode Fmeca (Failure Modes Effects Criticality Analysis) Dalam Identifikasi Titik Kritis Di Industri Kemasan,” Jurnal Teknologi Industri Pertanian, vol. 31 (1), hal. 110–119, 2021, doi: 10.24961/j.tek.ind.pert.2021.31.1.110.

S. Rafsanjani, “Pengendalian Dan Perbaikan Kualitas Proses Printing Kemasan Produk Menggunakan Integrasi Fmea-Triz,” 2018, [Daring]. Tersedia pada: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50126.

Suhaeri, “Analisa Pengendalian Kualitas Produk Jumbo Roll Dengan Menggunakan Metode FTA (Fault Tree Analysis) Dan FMEA (Failure Mode And Effect Analysis) Di PT. Indah Kiat Pulp & Paper, Tbk,” hal 1-116, 2017.

A. Basuki dan I. Chusnayaini, “MATRIK Identifikasi Resiko Kegagalan Proses Penyebab Terjadinya Cacat Produk dengan Metode FMEA-SAW,” Jurnal Manajemen dan Teknik Undustri-Produksi, vol. XXII, no. 1, hal. 37–44, 2021, doi: 10.350587/Matrik.

A. Wiswandani, D. Statistika, F. Matematika, dan S. Data, “Analisis Pengendalian Kualitas pada Proses Making Produksi Diplomat Mild Reborn di PT . Gelora Djaja Surabaya,” vol. 8, no. 2, hal. 2–9, 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.