Analisis Strategi Bersaing Air Mineral dengan Menggunakan Metode Rantai Markov

Iis Riyana, Lukmandono Lukmandono

Abstract

Air Mineral dalam kemasan merupakan air yang mengandung bahan-bahan larut lain dan memberi nilai-nilai lain yang di kemas dalam bentuk ekonomis dan menarik. Semakin berkembangnya persaingan semakin banyak pula Merk Air Mineral di pasaran. Penelitian ini membahas tentang analisis strategi menggunakan metode Markov. Metode ini dapat menemukan strategi yang kompetitif sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Terdapat empat merk yang digunakan untuk membangun matriks markov. Dari hasil analisis Markov Chain maka di temukan bahwa rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk state A (Aqua) berpindah ke state L (Le Mineral) adalah sebesar 8 periode (bulan), dan rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk state C (Club) berpindah ke state L (Le Mineral )adalah sebesar dua periode (bulan).

Full Text:

PDF

References

F. F. Sugiarto, “Analisa Strategi Bersaing PT. Surya Cipta Mandiri,” Agora, vol. 4, no. 2,

pp. 250–258, 2016, [Online]. Available: http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemenbisnis/issue/view/215.

Y. Inda Pertiwi et al., “ANALISIS RANTAI MARKOV UNTUK MENGETAHUI

PELUANG PERPINDAHAN MEREK KARTU INTERNET GSM PRABAYAR (Studi Kasus:

Program Studi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam),” pp. 1–11, 2014.

I. Y. Mayasari and R. Indriyani, “Analisis Strategi Bersaing pada PT.Citra Surya Pacific,”

Agora, vol. 4, no. 2, pp. 188–196, 2016.

A. Boujnoui, A. Zaaloul, and A. Haqiq, “Mathematical model based on game theory and

Markov chains for analysing the transmission cost in SA-ZD mechanism,” Int. J. Comput. Inf. Syst.

Ind. Manag. Appl., vol. 10, pp. 197–207, 2018.

N. Salkind, “Random Sampling,” Encycl. Res. Des., pp. 42–57, 2012, doi:

4135/9781412961288.n364.

Y. I. Pertiwi, “ANALISIS RANTAI MARKOV UNTUK MENGETAHUI PELUANG

PERPINDAHAN MEREK KARTU INTERNET GSM PRABAYAR ( Studi Kasus : Program Studi

Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ) [email protected],” pp. 1–

, 2014.

R. Widi, “Uji Validitas Dan Reliabilitas Dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi,”Stomatognatic, vol. 8, no. 1, pp. 27–34, 2011.

F. N. Masuku, Y. A. R. Langi, C. Mongi, and R. Markov, “Analisis Rantai Markov Untuk

Memprediksi Perpindahan Konsumen Maskapai Penerbangan Rute Manado-Jakarta Analysis of

Markov Chain To Predict Consumer Movement of Airline Route Manado-Jakarta,” pp. 1–5, 2020.

M. Gugutu, D. Hatidja, and Y. A. R. Langi, “Kecenderungan Penggunaan Merek Kartu

Seluler Pra Bayar GSM Menggunakan Analisis Biplot (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Pertanian

Unsrat Manado),” J. MIPA, vol. 2, no. 1, p. 23, 2013, doi: 10.35799/jm.2.1.2013.746.

J. F. Andry, “Implementasi Penerapan Markov Chain Pada Database Marketing Studi Kasus

Pelanggan E-Commerce,” vol. 5, no. 1, pp. 94–108, 2015.

I. Alwi, “Kriteria Empirik dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis

Statistika dan Analisis Butir,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 2, no. 2, pp. 140–148, 2015, doi:

30998/formatif.v2i2.95.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.