Pengaruh Variasi Diameter Turbin Turbocharger Tipe IHI RHB 31 terhadap Performa Spark Ignition Engine 200 cc

Afrizal Amir, Moch Syaiful Huda, Anugrah Fardhan Rasyidi, Zain Lillahulhaq, Rizal Mahmud, Yustia Wulandari Mirzayanti

Abstract

Kendaraan bermotor banyak digunakan dalam kehidupan masyarakat Indonesia harganya terjangkau, penggunaannya mudah dan dapat digunakan untuk menjangkau tempat terpencil. Modifikasi kendaraan bermotor banyak dilakukan utnuk mencapai kondisi optimum pada proses pembakaran. Penggunaan turbocharger banyak digunakan pada mesin dengan kompresi tinggi misalnya pada mesin disel. Namun pada saat ini penggunaan turbocharger juga mulai diaplikasikan pada kendaraan roda 2 yang digunakan pada racing. Turbocharger sendiri berfungsi untuk meningkatkan tekanan udara yang akan digunakan dalam proses pembakaran. Saat ini penelitian menganai penggunaan turbocharger sangat jarang dilakukan sehingga sedikit yang dapat diketahui mengenai efek penggunaan turbocharger pada kendaraan bermotor. Pada kendaraan bermotor udara bertekanan tinggi dari turbocharger akan menyebabkan proses pembakaran mengalami knocking akibat peningkatan temperature. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variasi diameter turbin pada performa penggunaan turbocharger pada motor 4 langkah. Performa yang ditampilkan pada penelitian ini adalah daya dan torsi pada kendaraan. Hasil penelitian menunjukan bahwa motor yang menggunakan turbocharger mempunyai nilai daya dan Torsi yang lebih tinggi dari motor standar. Performa terbaik ditunjukkan saat motor menggunakan turbocharger dengan diameter standar. Motor berkapasitas dibawah 200 cc pun dapat menggunakan turbocharger dengan menyesuaikan spesifikasi turbocharger yang digunakan.

Full Text:

PDF

References

G. Setyono and D. Kawano, “Pengaruh Penggunaan Variasi Elektroda Busi terhadap Performa Motor Bensin Torak 4 Langkah,” dev2.kopertis7.go.id, vol. 11, no. 1, 2014, Accessed: Jan. 23, 2021. [Online]. Available: www.kopertis7.go.id,.

F. Majedi and I. Puspitasari, “Optimasi Daya dan Torsi pada Motor 4 Tak dengan Modifikasi Crankshaft dan Porting pada Cylinder Head,” JTT (Jurnal Teknol. Terpadu), vol. 5, no. 1, p. 82, Apr. 2017, doi: 10.32487/jtt.v5i1.216.

G. Hidayat and A. Winarno, “MODIFIKASI MESIN HONDA JAZZ VTEC GE8 UNTUK KOMPETISI BALAP ONE MAKE RACE (OMR),” SINTEK J. J. Ilm. Tek. Mesin, vol. 9, no. 1, Apr. 2015, Accessed: Jan. 23, 2021. [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/sintek/article/view/290.

M. S. Ghaly, Y. Agus Winoko, T. Mesin, and P. N. Malang, “Analisis Perubahan Diameter Base Circle Camshaft Terhadap Daya Dan Torsi Pada Sepeda Motor,” J. Flywheel, vol. 10, no. 2, pp. 7–12, Sep. 2019, Accessed: Jan. 23, 2021. [Online]. Available: https://infobalapliarjakarta.blogspot.co.id.

R. Sihombing, M. Surya Putra, A. Fatmawati, and S. Lolongan, “Pengaruh Penggunaan Busi Iridium Sc16Hr11, Liben Platinum Lzkar6X Dan Duration Double Iridium Ldr7Td1 Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Mobil Avanza 1300 Cc Tahun 2016,” Pros. Snitt Poltekba, vol. 2, no. 1, pp. 357–363, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/prosiding/article/view/421.

Y. W. Mirzayanti, E. Ningsih, Z. Lillahulhaq, Z. Ma’sum, C. Renova, and Y. Wijaya, “Pemanfaatan Tempurung Kelapa sebagai Katalis pada Proses Konversi Minyak Curah Menjadi Biodiesel,” J. Res. Technol., vol. 6, no. 2, pp. 173–183–173–183, Dec. 2020, Accessed: Jan. 23, 2021. [Online]. Available: https://www.journal.unusida.ac.id/index.php/jrt/article/view/351.

G. Setyono, A. Anas Arifin, and Z. Lillahulhaq, “Hydroxy Gas (HHO) Supplement of Ethanol Fuel Mixture In A Single-Cylinder Spark-Ignition Matic-Engine,” 2020.

C. Aninditya and T. Sutrisno, “OPTIMASI DESAIN IMPELLER KOMPRESSOR PADA TURBOCHARGER TD04-12T UNTUK MESIN MITSUBISHI 4M40.”

R. B. S. Majanasastra, “Pengaruh Variable Waktu ( Aging Heat Treatment ) Terhadap Peningkatan Kekerasan Permukaan Dan Struktur Mikro,” vol. 3, no. 2, pp. 87–101, 2015.

S. I. Nugraha and B. Setiyono, “PADA ELECTRICALLY ASSISTED TURBOCHARGER DENGAN METODE CASCADE FUZZY-PI Metode.”

H. Mahfudiyanto, A. Rijanto, and D. N. Zulfika, “PENGARUH TURBOCHARGER TERHADAP TEKANAN EFEKTIF RATA-RATA DAN BATAS ASAP PADA MITSUBISHI CANTER FE73 110PS,” vol. 2, pp. 134–140, 2020.

M. Yusron, “Analisa Termodinamika Pemasangan Turbocharger Pada Mesin Bensin Toyota Kijang Innova 2000CC Tipe 1l-4 Terhadap Unjuk Kerja Daya Mesin,” Mar. 2018, Accessed: Jan. 28, 2021. [Online]. Available: http://repositori.umsu.ac.id/xmlui/handle/123456789/1890.

P. SURESH, A. RAMESH, A. MOHAN, A. PR, and S. SATHIAN, “Experimental Studies on Reducing Turbolag,” Int. J. Adv. Automot. Technol., no. January, 2017, doi: 10.15659/ijaat.17.04.552.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.