Simulasi Numerik pada Backward-Facing Step Flow dengan Menggunakan Near Wall Treatment Methods dan Model Viscous k-?

Rizal Mahmud, Iis Rohmawati

Abstract

Penelitian ini, membandingkan hasil simulasi numerik dengan data eksperimen dari Driver and Seegmiller [1]. Metode near-wall treatment akan dibandingkan dengan menggunakan model turbulensi yang berbeda pada flow yang melintasi backward-facing step. Penelitian ini menggunakan solver 2D, steady-state, dengan turbulent flow k-?. Standard wall functions, non-equilibrium wall functions dan enhanced wall treatment dengan model turbulensi k-? standard, k-? RNG dan k-? Reliazable dipilih dalam penelitian ini. Hasilnya menunjukkan bahwa model viscous k-? Reliazable memperlihatkan hasil yang paling baik untuk memprediksi pressure coefficient dengan kombinasi enhanced wall treatment. Prediksi ini menunjukkan diperlukan kombinasi model turbulensi dan near-wall treatment yang tepat agar mendapatkan hasil yang mendekati dengan data eksperimen

Full Text:

PDF

References

Driver and Seegmiller. 1985. “Features of Reattaching Turbulent Shear Layer in Divergent Channel Flow”. NASA Ames Research Center, Callifornia. 1985.

J Y Kim et al., “c”. International Journal of Computational Fluid Dynamics, 19:7, 493-500, 2005.

Al-Jelawy at al, “A Computational Investigation of a Turbulent Flow over a Backward Facing Step with OpenFOAM.” 2016 9th International Conference on Developments in eSystems Engineering (DeSE), 301-307, (2016).

L Chen et al, “A review of Backward-Facing Step (BFS) flow mechanisms, heat transfer and control”, Thermal Science and Engineering Progress, Vol. 6, Pages 194-216, 2018.

FLUENT, Inc., “FLUENT 6.1 User’s Guide”, (Lebanon: NH). 2003.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.