Penerapan Quality Control Circle dalam Memperbaiki Kualitas pada Proses Pengelasan Box Karoseri di PT. X

Rusman Rusman, Rony Prabowo

Abstract

Persaingan bisnis semakin tinggi, salah satu cara agar bisa memenangkan persaingan tersebut adalah dengan memberikan perhatian penuh terhadap kualitas produk yang dihasilkan perusahaan. Kualitas yang baik dapat dihasilkan dari proses yang juga baik dan sesuai standar kualitas yang telah ditentukan berdasarkan kebutuhan pasar. Meskipun proses pengelasan sudah dilaksanakan dengan baik, pada kenyataanya sering ditemukan ketidaksesuaian kualitas antara produk yang dihasilkan dengan yang diharapkan oleh perusahaan. Peningkatan kualitas bukan hanya pada kualitas produk akhir saja tetapi harus dari setiap proses, karena kualitas yang baik juga melewati proses inspeksi yang ketat. Hal ini dapat dicapai bila proses produksi sepenuhnya terkendali dan diadakan usaha-usaha untuk mencegah terjadinya cacat atau kegagalan. Salah satu cara yang dapat digunakan dalam memperbaiki cacat pada proses produksi adalah dengan Metode Quality Control Circle, yang mengarahkan proses produksi untuk mencapai Zero Defect. PT.X merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang karoseri dump truck atau kendaraan niaga. Proses pembuatan produk sendiri dimulai dari pengolahan plat baja yang dirakit menjadi sebuah unit box karoseri. Produk-produk tersebut diproduksi secara assembly yang dikerjakan oleh operator yang sudah ahli dibidangnya. Pada saat ini PT.X mengalami persaingan dari perusahaan nasional, untuk dapat bersaing PT.X berusaha untuk dapat meningkatkan kualitas, karena mereka menyadari seleksi konsumen sangat ketat dan biaya kualitas perusahaan tinggi. Setelah dilakukan analisa data dapat diidentifikasi hal-hal yang menyebabkan cacat dalam tiap proses produksi. Perbaikan dilakukan dengan penerapan Quality Control Circle, yaitu dengan memperbarui peralatan kerja utama peralatan K3 dan alat bantu lainya sebagai penunjang pekerjaan. Dengan penambahan alat-alat ini, diharapkan cacat produk dapat berkurang dan cacat dapat diketahui sedini mungkin sebelum proses lebih lanjut.

Full Text:

PDF

References

R. S. David Andriatna Kusuma, Tita Talitha, “Pengendalian Kualitas Untuk Mengurangi Jumlah Cacat Produk Dengan Metode Quality Control Circle (QCC) Pada PT. Restomart Cipta Usaha (PT. Nayati Group) Semarang,” p. 6, 2015.

R. Prabowo, “Desain Penentuan Insentif Bagi Karyawan Untuk Meningkatkan Dual Mutualisme (Studi Kasus: PT. Arista Assembling and Packing Surabaya),“Jurnal TECNOSCIENZA,vol. 2, no. 2 pp. 83–106, 2018.

O. Andre Wahyu Riyanto, “Implementasi Metode Quality Control Circle Untuk Menurunkan Tingkat Cacat Pada Produk Alloy Wheel,” J. Eng. Manag. Industial Syst., vol. 3, no. 2, 2015, doi: 10.21776/ub.jemis.2015.003.02.7.

Himawan A, "Pengendalian Kualitas Statistical Process Control Produk Genteng di UKM Super Soka Jepara", Jurnal, Progam Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. 2004..

A. Faiq, Nurhajati, and M. Hufron, “Analisis Pengendalian Kualitas Proses Produksi Jenang Apel Dengan Metode Statistical Process Control (SPC),” e – J. Ris. ManajemenPRODI Manaj. Fak., pp. 67–78, 2018.

R. Prabowo, “Penerapan Konsep Line Balancing Untuk Mencapai Efisiensi Kerja Yang Optimal Pada Setiap Stasiun Kerja Pada PT. HM. Sampoerna Tbk,” J. IPTEK, vol. 20, no. 2, p. 9, 2016.

M. Fachry Hafid and A. Muh Syukur Yusuf, “Analisis Penerapan Quality Control Circle Untuk Meminimalkan Binning Loss Pada Bagian Receiving Pt. Hadji Kalla Toyota Depo Part Logistik Makassar,” J. Ind. Eng. Manag., vol. 3, no. 2, p. 1, 2018.

Wardhana Wahyu Dharsono, “Penerapan Quality Control Circle Pada Proses Produksi Wafer Guna Mengurangi Cacat Produksi ( Studi Kasus di PT XYZ Jakarta ),” J. Fateksa, vol. 2, no. 1, pp. 31–39, 2017.

R. Prabowo and R. Aditia, “Analisis Produktivitas Menggunakan Metode POSPAC dan Performance Prism Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja (Studi Kasus: Industri Baja Tulangan di PT. X Surabaya),” J. Rekayasa Sist. Ind., vol. 9, no. 1, pp. 11–22, 2020.

K. Khamaludin and A. P. Respati, “Implementasi Metode QCC untuk Menurunkan Jumlah Sisa Sampel Pengujian Compound,” J. Optimasi Sist. Ind., vol. 18, no. 2, p. 176, 2019.

V. Jayakumar, F. Mohammed Ajmal Sheriff, A. Muniappan, G. Bharathiraja, and G. Ragul, “Implementation of seven tools of quality in educational arena: A case study,” Int. J. Mech. Eng. Technol., vol. 8, no. 8, pp. 882–891, 2017.

R. Ginting and M. G. Fattah, “Production quality control with new seven tools for defect minimization on PT. Dirgantara Indonesia,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 452, no. 1, 2020

R. Prabowo, A. Suryanto, “Implementasi Lean dan Green Manufacturing Guna Meningkatkan Sustainability pada PT. Sekar Lima Pratama,“Jurnal SENOPATI,” pp. 50–61, 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.