Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Produk Anita Family Bakery Sumenep

Agung Firdausi Ahsan, Lukmandono Lukmandono

Abstract

Kuliner merupakan sebuah gaya hidup yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, karena setiap orang memerlukan makanan untuk kebutuhan sehari-hari dimulai dari makanan yang sederhana hingga makanan yang berkelas tinggi atau mewah, semua itu membutuhkan pengolahan yang higinies dan cita rasa yang tinggi. PT Anita Family Bakery merupakan produsen roti, cakes dan tart yang berdiri di Sumenep sejak 1982.”Namun hingga saat ini belum pernah dilakukan penelitian upaya untuk menganalisis kualitas produk ataupun layanan dari perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas”konsumen Anita Family Bakery dengan menggunakan metode SEM–PLS. di mana dengan menggunakan Analisis Path Coefficient yang terdapat di SEM-PLS menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dan harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen namun tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh langsung terhadap loyalitas konsumen.”Simpulan penelitian ini adalah kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kualitas produk dan layanan, sedangkan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Full Text:

PDF

References

S. Assauri, Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.

Fandy Tjiptono, Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta: Andi, 2014.

P. Kotler and G. Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2013.

A. Y. Tripariyanto and L. Lukmandono, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk, Promosi Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda

Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan I (SENASTITAN I) ISSN: 2775-5630

Surabaya, 6 Maret 2021

Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

- 42 -

(Type Beat Mathic) (Studi Kasus Pada Siswa Smk Al Bashtomi Loceret Nganjuk),” JATI UNIK J. Ilm. Tek. dan Manaj. Ind., vol. 1, no. 2, p. 111, Apr. 2018, doi: 10.30737/jatiunik.v1i2.120.

S. Rahayu and D. Lukmandono, “Peningkatan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dengan SERVQUAL dan TRIZ (Studi Kasus : di PT Pos Indonesia KPRK Tuban),” Sep. 2019. Accessed: Jan. 11, 2021. [Online]. Available: https://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/590.

A. DEWI R, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Djawi Lanbistro Coffee and Resto Surabaya,” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 3, no. 3, 2016.

S. Pangestu, Forecasting Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2013.

P. Kotler and L. K. Kevin, Marketing Management, 3rd ed. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc, 2016.

R. Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran Jasa, 3rd ed. Jakarta: Salemba, 2013.

P. . Hayes, Measuring customer satisfaction and loyalty : survey design, use, and statistical analysis methods. Milwaukee: ASQ Quality Press, 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet, 2016.

Fornell, C., Larcker, D.F., “Evaluating Structural Equation Models with Unobservable Variables and Measurement Error,” J. Mark. Res., vol. 18, no. 1, pp. 39–50, 1981, [Online]. Available: https://doi.org/10.1177%2F002224378101800104.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.