Sistem Informasi Absensi Berbasis Web dan Mobile Android A’GIS (Absensi Global Inovasi Sistem) di CV Global Inovasi Sistem

Danang Priambodo, Ferdi Ardiansah, Gusti Eka Yuliastuti

Abstract


Absensi merupakan sebuah kegiatan yang mencatat dan juga menunjukkan tentang ketidakhadiran dan kehadiran pegawai di hari dan jam kerja pada suatu perusahaan atau instansi. Pada perusahaan CV Global Inovasi Sistem pencatatan kehadiran dan ketidakhadiran pegawai masih bersifat manual dan pimpinan tidak dapat selalu memantau kehadiran dari setiap pegawai. Perkembangan dunia teknologi informasi sangat cepat karena didorong oleh kebutuhan data dan informasi. Perancangan Sistem Informasi sangat penting guna mendukung proses kelancaran suatu aplikasi atau sistem yang nantinya akan digunakan oleh user atau pengguna yang berwenang. Sistem Informasi dibuat sebagai alat mempermudah pengguna dalam pengolahan data sehingga lebih terstruktur, dapat dipantau dan terkontrol. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif, merupakan penelitian  yang bertujuan untuk membuat deskripsi terkait situasi dan kejadian. Tujuannya yaitu untuk mengumpulkan akumulasi data dasar dengan cara deskriptif. Dengan adanya sistem informasi berbasis absensi berbasis web dan mobile A’GIS (Absensi Global Inovasi sistem) perusahaan dapat memastikan kehadiran, ijin, ketepatan waktu dan lokasi pegawai saat melakukan absensi. Dengan begitu data tercatat dan stakeholder / pimpinan dapat mengetahui dan mengelola data seperti nama, waktu, tanggal, dan jenis absensi tersebut sesuai kebutuhan.


Keywords


Absensi Global Inovasi Sistem; CV Global Inovasi Sistem; Sistem Informasi Absensi Berbasis Android; Sistem Informasi Absensi Berbasis Web

Full Text:

PDF

References


R. Roosdianto, A. O. Sari, and A. Satriansyah, “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Absensi Karyawan Online,” Inti Nusa Mandiri, vol. 14, no. 2, 2021.

R. Firliana and F. Rhohman, “Aplikasi Sistem Informasi Absensi Mahasiswa dan Dosen,” J. Comput. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, 2019.

Y. A. Tambunan, C. Maramis, and ..., “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Management Fee Jasa Outsourcing Berbasis Web Pada PT. Trisakti Manunggal Jaya,” J. …, 2020.

Ivony, “25 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli,” Pakarkomunikasi. 2017.

H. B. Santoso, P. A. Sonia Putri, and B. S. D. Oetomo, “Implementation of Sales Executive Dashboard for A Multistore Company in Yogyakarta,” Int. J. New Media Technol., vol. 4, no. 1, 2017, doi: 10.31937/ijnmt.v4i1.540.

P. D. Igiany, “Systematic Review: Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS),” Semin. Nas. Ina., 2019.

Endah Puspitarini, Roudhotul Hanifa, and Faridatun Nadziroh, “Rancang Bangun Aplikasi Absensi Mahasiswa Pada Platform Android,” JoTI, vol. 2, no. 2, 2020, doi: 10.37802/joti.v2i2.114.

S. Awwaabiin, “Apa itu PHP? Pengertian, Fungsi dan Sintaks Dasarnya!,” Niagahoster.Co.Id. 2020.

N. Bunafit, “Dasar Pemrograman Web PHP–MySQL Dengan Dreamweaver,” GavaMedia, Yogyakarta, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Penulis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.