Rancang Bangun Aplikasi Whistleblowing System Pemerintah Kota Surabaya pada CV Nur Teratai

Yusuf Effendi, Andy Rachman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Aplikasi Whistleblowing System untuk CV Nur Teratai yang akan diimplementasikan pada Inspektorat Kota Surabaya. Aplikasi Whistleblowing System bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan pengaduan terkait dengan adanya dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi pada Pemerintah Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah Tim Penanganan Pengaduan dan Staf pada Inspektorat Kota Surabaya yang akan menggunakan aplikasi dalam tindak lanjut pengaduan yang disampaikan masyarakat. Hasil penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa Aplikasi Whistleblowing System masih perlu dilakukan pengembangan untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan pengaduan dan mempermudah Tim Penanganan Pengaduan pada Inspektorat Kota Surabaya dalam melakukan tindak lanjut laporan.


Keywords


Aplikasi Whistleblowing System; CV Nur Teratai; Pemerintah Kota Surabaya; Rancang Bangun

Full Text:

PDF

References


D. Rachmawati and P. Arifin, Pengaduan Masyarakat Terindikasi Tipikor. Jakarta: Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat Kedeputian Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi, 2015.

G. Wiyono, “Wawancara Dengan Bapak Gatot Wiyono, S.T selaku Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Kinerja di Kantor Inspektorat Kota Surabaya.” Apr. 08, 2021.

R. Arief, M. Imron Wazirudin, A. Rachman, and D. Puspita Hapsari, “PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN TIK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MODEL ADDIE UNTUK SISWA SMK,” Inst. Teknol. Adhi Tama Surabaya, no. VI, 2018.

K. C. Laudon and J. P. Laudon, Management Information Systems Managing The Digital Firm, Twelfth Edition. Pearson Prentice Hall, 2006.

D. Rees, PHP Pandas, The PHP Programming language for Everyone. Wales: Leanpub, 2006.

T. Pitchler, PHP 7 from Scratch. Los Angeles: Leanpub, 2017.

T. Connolly and C. Begg, Database systems. A practical approach to design, implementation and management, Sixth Edition. Addison-Wesley, 2010.

Fathansyah, Basis Data, Revisi Ketiga. Bandung: INFORMATIKA, 2015.

D. Lavarino and W. Yustanti, “Rancang Bangun E-Voting Berbasis Website Di Universitas Negeri Surabaya,” J. Manaj. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 72–81, 2016.

D. Intern, “Contoh Use Case Diagram Lengkap dengan Penjelasannya,” May 19, 2021. https://www.dicoding.com/blog/contoh-use-case-diagram/ (accessed Jun. 01, 2021).

I. Sommerville, Software engineering, 9th ed. Boston: Pearson, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Penulis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.