Pembuatan Aplikasi Point of Sales pada Aswell Laundry Sidoarjo

Dinova Widytianto, M. Ichwan Fanani, Ahmad Fatih Mauliddion, Nanang Fakhrur Rozi

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia kini mulai mengalami peningkatan yang cukup pesat, begitu pun usaha di bidang jasa. Asswell Laundry yang merupakan UMKM di bidang jasa cuci sepatu tak luput mengalami peningkatan yang cukup pesat pula. Akan tetapi, dengan berkembangnya usaha yang sangat cepat, dibutuhkan sebuah sistem penjualan atau transaksi. Dengan menggunakan sebuah sistem, pencatatan akan lebih efisien dan penggunaan kertas akan terkurangi. Dengan menggunakan sebuah sistem, tentunya pengguna akan mendapatkan keuntungan dengan mudahnya pencatatan yang saling terintegrasi dan pelaporan transaksi yang lebih tersusun rapi. Aplikasi point of sales (POS) merupakan sistem yang dibangun untuk pencatatan transaksi penjualan dan pemrosesan data pada Asswell Laundry untuk mempercepat pelayanan dari pendataan sampai dengan pembayaran. Aplikasi POS ini dikembangkan menggunakan model Waterfall. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yakni wawancara, observasi, dan studi literatur untuk menganalisis kebutuhan dan perancangan aplikasi POS. Perancangan aplikasi POS ini menggunakan Unified Modeling Language (UML) yang digunakan untuk memvisualisasikan proses transaksi penjualan yang terjadi. Diagram yang digunakan yakni use case, aktivitas, dan kelas. Bahasa pemrograman yang digunakan ialah PHP dengan framework Codeigniter serta MySQL sebagai database-nya. Hasil analisis dan pengujian menunjukkan bahwa Asswell Laundry puas dan telah terbantu dengan dibangunnya aplikasi POS berdasarkan nilai persepsi penerimaan sebesar 85,8.


Keywords


Aplikasi Point of Sales; Aswell Laundry; Model Waterfall; Pelaporan Transaksi

Full Text:

PDF

References


D. W. Firdaus and D. Widyasastrena, “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Koperasi dan UMKM Berbasis Technopreneur,” J. Ris. Akunt. dan Keuang. 5.2, 2017.

T. G. Yuarita and F. Marisa, “Perancangan Aplikasi Point of Sales (POS) Berbasis Web Menggunakan Metode Siklus Hidup Pengembangan Sistem,” J. Teknol. dan Manaj. Inf. 3.2, 2017.

U. Tangkas, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan (Point of Sales) pada Koperasi Karyawan Bina Nusantara,” ComTech Comput. Math. Eng. Appl. 1.2, 2010.

B. N. Santgani and F. Angellia, “Analisi Sistem Penjualan dengan Point of Sales (POS) Berbasis Web di Gudang Kopi Oncak,” J. Sist. Inf. Bisnis 1.1, 2020.

H. Kamil and A. Duhani, “Pembangunan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry Berbasis Web Dengan Fitur Mobile Pada 21 Laundry Padang,” Pros. Semnastek, 2016.

B. Loardy, B. Bunawan, and P. Hartono, “Aplikasi Point Of Sales Yang Terhubung Dengan Electronic Data Capture,” no. Lc, 2010.

H. Kurniawan, W. Apriliah, I. Kurniawan, and D. Firmansyah, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Smk Bina Karya Karawang,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun. 14.4, 2020.

G. Urva and H. F. Siregar, “Pemodelan UML E-Marketing Minyak Goreng,” JURTEKSI R. Edisi2, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.