STUDI ALTERASI DAN MINERALISASI DAERAH KELORAN DAN SEKITARNYA, KECAMATAN SELOGIRI, KABUPATEN WONOGIRI, PROVINSI JAWA TENGAH

Veronika Budi Rahmadani, Hendra Bahar, Sapto Heru Yuwanto, Lakon Utamakno

Abstract


Daerah penelitian terletak di Desa Keloran dan sekitarnya, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Maksud dari penelitian ini adalah melakukan pemetaan geologi untuk mengetahui kondisi geologi, tipe alterasi dan potensi mineralisasi di daerah Keloran dan sekitarnya. Pengumpulan data dilakukan dengan memetakan morfologi dan struktur geologi, pengambilan sampel batuan, pengolahan dan analisis data. Analisis data terdiri dari analisis stereografi, analisis petrografi dan analisis geokimia AAS Flame. Satuan batuan daerah penelitian berdasarkan karakteristik litologi yang dominan terdiri dari satuan batulempung, satuan breksi vulkanik, satuan andesit, satuan diorit dan satuan dasit. Struktur geologi daerah penelitian berkembang dengan baik, diantaranya terdapat struktur kekar tarik, lipatan antiklin dan gawir sesar geser menganan. Zona alterasi daerah penelitian dibagi menjadi tiga yaitu zona filik, zona argilik, dan zona propilitik. Zona alterasi daerah penelitian dipengaruhi oleh struktur geologi yang berkembang. Tipe endapan epitermal daerah penelitian adalah endapan epitermal sulfida rendah (low sulfidation). Potensi geologi pada daerah penelitian adalah penambangan emas dan penambangan bahan galian berupa batu  andesit.


Keywords


geokimia, penambangan, epitermal.

Full Text:

PDF

References


Corbett, G.J., and Leach, T.M., 1998, Southwest Pasific Rim Gold-Copper System: Structure, Alteration and Mineralization, Society of Economic Geologists Special Publication, Littleton.

Simmons, E.S., White, N.C., and John D.A., 2005, Geological Characteristics of Epithermal Precious and Base Metal Deposits, Society of Economic Geologists, Inc., Economic Geology 100th Anniversary Volume.

Surono, Toha, B., dan Sudarno, I., 1992, Peta Geologi Lembar Surakarta-Giritontro, Jawa, Skala 1:100.000, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Verstappen, H.Th., 1985, Applied Geomorphological Survey and Natural Hazard Zoning, ITC Syllabus, The Netherlands.

Zuidam, R.A., van., 1985, Aerial Photo-Interpretation in Terrain Analysis and Geomorphologic Mapping, Smith Publisher, The Hague, The Netherlands.

Zuidam, R.A., van., and Zuidam-Cancelado, F.I., van., 1979, Terrain Analysis and Classification using Aerial Photographs, A Geomorphological Approach, ITC Textbook of Photo-Interpretation, Enschede.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2021.2095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan