ANALISIS PENGARUH SIFAT FISIK BATUAN TERHADAP UJI KUAT TEKAN UNIAKSIAL DALAM REKAYASA KEMANTAPAN LERENG

Evie Noviany Dias, Eka Rizky Ramadhani, Dionesius Nani, Illa Firda Anggraini, Yuliano Eldianto Atawolo, Yudho Dwi Galih Cahyono

Abstract


Dalam rekayasa kestabilan lereng, terdapat beberapa parameter penting seperti kuat tekan uniaksial atau uniaksial compressive strength yang saling berhubungan dengan data pada mekanika batuan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan antar parameter kuat tekan uniaksial dan sifat fisik pada sampel batu gamping dari Desa Gamping, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Pengujian ini dilakukan pada 6 sampel terdiri dari 3 sampel uji fisik dan 3 sampel uji kuat tekan uniaksial. Kemudian dilakukan analisis data sifat fisiknya yang terdiri dari bobot isi, kadar air, derajat kejenuhan, dan porositas, terhadap data kuat tekan uniaksial. Sehingga ditemukannya pengaruh maupun hubungan antara kedua parameter tersebut yang nantinya akan berpengaruh terhadap mekanika batuan untuk menentukan rekaya kestabilan lereng pada daerah tersebut.

Keywords


uji sifat fisik, uji kuat tekan uniaksial, mekanika batuan, rekayasa kestabilan lereng

Full Text:

PDF

References


Melati, S. (2019). Studi Karakteristik Relasi Parameter Sifat Fisik Dan Kuat Tekan Uniaksial Pada Contoh Batulempung, Andesit, Dan Beton. Jurnal GEOSAPTA, 5(2), 133. https://doi.org/10.20527/jg.v5i2.6808

Oktarianty, H., & Armelia, D. (2020). Pengaruh Sifat Fisik Batuan Terhadap Kuat Tekan Uniaksial pada Batu Granit di Pulau Bangka. 8, 214–219.

Pola, A., Crosta, G. B., Castellanza, R., Agliardi, F., Fusi, N., Barberini, V., Norini, G., & Villa, A. (2014). Relationships Between Porosity and Physical Mechanical Properties in Weathered Volcanic Rocks.

Rai, M. A., Kramadibrata, S., & Wattimena, R. K. (2010). Mekanika Batuan: Laboratorium Geomekanika dan Peralatan Tambang Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Rosari, A. A., & Arsyad, M. (2017). Analisis Sifat Fisis Dan Sifat Mekanik Batuan Karst Maros. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 13(3), 276–281.

Zhang, J. J. (2019). Applied petroleum geomechanics. In Applied Petroleum Geomechanics. Cambridge, MA : Gulf Professional Publishing, an imprint of Elsevier. https://doi.org/10.1016/C2017-0-01969-9




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2021.2005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan