EVALUASI GEOMETRI JALAN ANGKUT PADA PENAMBANGAN BATU ANDESIT DESA KALISARI KECAMATAN BANYUGLUGUR KABUPATEN SITUBONDO

Yudho Dwi Galih Cahyono, Fiqhih Hadi Saputra

Abstract


Jalan angkut dari front penambangan menuju area crusher di PT.Bukit Kalisari Artha Makmur merupakan jalan angkut dua jalur. Setelah dilakukan pengamatan terdapat beberapa segmen pada jalan tambang yang lebar jalannya belum memenuhi standar. Melalui penelitian ini akan dilakukan Evaluasi mengenai geometri jalan angkut berdasarkan spesifikasi alat angkut terbesar yang melewati jalan tambang.selanjutnya dari Evaluasi tersebut dapat diketahui hasil yang nantinya akan digunakan untuk perbaikan jalan pada area tambang. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini meliputi evaluasi geometri jalan, serta factor yang mempengaruhi kondisi jalan sehingga jalan tersebut mengalami kerusakan.


Keywords


alan angkut, evaluasi , geometri jalan

Full Text:

PDF PDF

References


Suwandhi, Awang Ir., M.Sc, 2004. Perencanaan Tambang Diklat Perencanaan Tambang Terbuka.

Tangkelangi, Brisilia Indah. 2019. Evaluasi Geometri Jalan Angkut Tambang Berdasarkan Kaidah Good Mining Practice Di Pit West Bin 7 PT Bukit Makmur Mandiri Utama Side Binungan Kabupaten Berau Kalimantan Timur.

Sepriadi, Kukuh Webisono. 2017 Evaluasi Geometri Jalan Angkut Terhadap Produktifitas Overburden Di Pit Mt 4 Penambangan Air Laya Pt Bukit Asam (Persero), Tbk. Sumatera Selatan.

Yusuf, Marthin Christian. 2018. Analisa Pengaruh Geometri Jalan Angkut Terhadap Produktivitas Articulated Dump Truck Terex TA400 Dari Front Penambangan – Disposal Area PT. Prolindo Cipta Nusantara, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2021.1985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan