ANALISA MATCH FACTOR UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENAMBANGAN SIRTU PT. PASIRINDO PERKASA KABUPATEN LUMAJANG JAWA TIMUR

Syarifudin Zuhri, Yudho Dwi Galih Cahyono

Abstract


Aspek Geologi, Provinsi Jawa Timur memiliki potensi sumberdaya bahan tambang terkhusus batuan dengan jumlah cadangan yang layak untuk dikembangkan. Diwilayah ini di dominasi oleh kelompok migas dan bahan galian industry. Sehingga peluang seperti ini memang harus benar-benar dimanfaatkan dengan benar dengan melihat target pasar yang mulai membangun pencapaiannya dalam bidang industry pembangunan infrastruktur dan lain-lainnya. Kesempata ini sudah dirambah oleh PT. Pasirindo Perkasa untuk memenuhi target industry pasar dalam sector pasir berkerikil atau lebih dikenal sebagai sirtu. Tentunya dalam suatu perusahaan sudah terdapat garis-garis pencapaian yang disusun sebelum sektor itu terbangun, dalam hal ini permasalahan yang sering dialami yaitu tidak lain adalah tidak tercapainya target-target yang telah tersusun, maka dari itu munculah suatu bidang studi yang berusaha mengoptimalkan suatu pekerjaan itu sendiri. Dengan menganalisa suatu operasional maka akan didapat hasil yang menyebabkan tidak optimalnya suatu target, dan setelah diketahui maka kita dapat menghitung kembali apa yang memang benar-benar dibutuhkan untuk meningkatkan suatu kinerja dalam bidang operasioanl penambangan ini. Analisa match factor maupun pembenahan dalam schedule merupakan tahap dasar yang memang harus diperhatikan matang-matang, sehingga bisa menghasilkan profit yang bagus untuk perusahaan, dan juga bisa sebagai acuan ataupun pedoman dalam produksi selanjutnya.

Keywords


Bahan Galian Industri, Caterpillar, Match Factor, Produktifitas, Toyota Dyna

Full Text:

PDF

References


Caterpillar. (2017). Caterpillar Perfomance Book. Caterpillar Perfomance Book, 5-7.

Fanani, Y. dan Destinaba, R. (2019) “Analisa Model Matematika Pengaruh Geometri Jalan Angkut Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dump Truck (Studi Kasus : PT. Bukit Asam Tbk. Sumatera Selatan),” Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan, 1(1), hal. 176–179.

Halimi, B. (2018). Optimasi Alat Penambangan Pada Batuan Andesit di Tambang Terbuka Batu Andesit PT.Bina Nugraha Utama, Pasuruan, Jawa Timur . Surabaya: ITATS.

Ir. Yanto Indonesianto, M. (2011). Pemindahan Tanah Mekanis. Yogyakarta: UPN Veteran Yogyakarta.

Motor, T. A. (2007). Handbook Toyota Dyna. Toyota Dyna Specification, 1-2.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.1012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan