Editorial Policies

Focus and Scope

Lingkup bidang kelimuan di dalam Jurnal SEMITAN mencakup; 

Kebumian (Geologi, Geofisika, Geokima, Geosensing, Paleontologi, Perencanaan wilayah, Mitigasi Kebencanaan, dsb.), 

Pertambangan (Perencanaan tambang, Geoteknik, Lingkungan, Efektivitas tambang, Valuasi tambang, Pemindahan tanah mekanis, Perpetaan, Ilmu ukur tanah, Gali muat angkut, dsb.), 

Kelautan (Rancangan kapal, pengelasan, ilmu material, kelistrikan kapal, permesinan kapal, mekanisasi, batimetri, dsb.)

 

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Proses Review dilakukan secara "Blind Peer Review", dimana penulis tidak mengetahui siapa yang melakukan review terhadap artikelnya, begitupun pelaksana review tidak mengetahui siapa penulisnya.

 

Proses Review ditugaskan oleh section editor kepada pereview, diberikan tenggat waktu selama 7 hari, jika lebih dari itu tidak ada respon maka section editor akan mengingatkan kembali serta memberi waktu 3 hari, dan jika lebih dari itu tidak ada respon maka section editor akan mengganti pereview beserta konfirmasi pembatalan permohonan review.

 

Kualitas artikel yang direview meliputi kesesuaian Scope Jurnal SEMITAN, Keunikan artikel, Kejelasan objektif, Urgensi kebutuhan informasi, Keterbaruan karya, dan Dampak nyata artikel. 

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Sejarah SEMITAN

Publikasi SEMITAN diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Mineral dan Kelautan (FTMK) di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (LPPM - ITATS) dan didukung melalui kerjasama dengan Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia Pengurus Daerah Jawa Timur (PERHAPI JATIM), Ikatan Ahli Geologi Indonesia Perwakilan Daerah Jawa Timur (IAGI JATIM), Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan ITATS (HIMATETA), Himpunan Mahasiswa Geologi ITATS (HMG ITATS), dan Perhimpunan Mahasiswa Teknik Perkapalan ITATS.

Publikasi SEMITAN diselenggarakan pertama kali sejak tahun 2019 dengan menggunakan tipe publikasi Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan (SEMITAN) dengan ISSN 2686-0651. Bentuk Prosiding memungkinkan SEMITAN untuk melakukan Publikasi Ilmiah hanya sekali setahun. Pada akhirnya di tahun 2021 Prosiding SEMITAN terakhir dipublikasikan dengan terbitan Vol. 3, No. 1 (2021).

Melihat animo civitas akademika dan praktisi yang baik, mendorong SEMITAN untuk meningkatkan statusny menjadi Jurnal, sehingga di tahun 2022 SEMITAN diputuskan untuk menaikan statusnya menjadi Jurnal Sumberdaya Bumi Berkelanjutan (SEMITAN) dimulai dari terbitan Vol. 1, No. 1 (2022). Pergantian SEMITAN menjadi Jurnal menjadikannya bisa melakukan publikasi dua kali di setiap tahunnya, yaitu setiap bulan Juli dan bulan Januari.

Semoga Jurnal Sumberdaya Bumi Berkelanjutan (SEMITAN) menjadi wadah penyebaran karya ilmiah para civitas akademika dan praktisi yang membawa dampak perkembangan ilmu pengetahuan bagi kehidupan.