Pemilihan Kurir yang Memperoleh Rewards Courier of the Month dalam Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode SMART

Budanis Dwi Meilani, Mohammad Rizky Aditya

Abstract


PT RAJAWALI JAYA EKSPRES merupakan salah satu perusahaan yang  bergerak di bidang ekspedisi jasa pengiriman yang terbaik secara pelayanan dan proses pengiriman. Dalam penyeleksian kurir terbaik yang akan mendapatkan Rewards Courier Of The Month, maka banyak kriteria yang harus dinilai oleh HRD PT RAJAWALI JAYA EKSPRES, berdasarkan kriteria dan intelegency kurir. Untuk membantu proses penyeleksian kurir ini agar berjalan obyektif, maka dalam penelitian ini dibangun sebuah sistem yang dapat mempermudah HRD dan Koordinator dalam penyeleksian kurir terbaik yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Metode yang digunakan dalam Sistem Pendukung Keputusan ini metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART). Data kurir yang digunakan dalam penelitian ini adalah kurir yang tergabung dalam PT RAJAWALI JAYA EKSPRES, dengan periode data mulai tahun 2020 sampai 2021.Berdasarkan pengujian yang dilakukan sebanyak 30 kali uji coba dengan membandingkan hasil rekomendasi sistem dengan hasil rekomendasi Koordinator, maka diperoleh tingkat akurasi sebesar 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem pendukung keputusan pemilihan kurir berdasarkan kriteria dan intelegency terbaik pada PT RAJAWALI JAYA EKSPRES telah dapat berjalan dengan baik dan dapat membantu pihak perusahaan dalam menyeleksi kurir terbaiknya.


Keywords


Kurir, PT RAJAWALI JAYA EKSPRES, Sistem Pendukung Keputusan, Metode SMART

Full Text:

PDF

References


BD Meilani (2021), Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai Dengan Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) pada CV. Terus Jaya, Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi 9(1), 35-40.

Freshtiya Beby Larasati, Abdullah Ahmad, Iin Parlina, Mochammad Wahyudi, Solikhun (2020), Penerapan metode SMART DALAM Merekomendasikan Jenis Sapi Terbaik untuk Peternakan Sapi Potong, Sainteks 2020 202-205

Ahmad Fitri Boy, Dedi Setiawan (2019), Penerapan Metode SMART dalam Pengambilan Keputusan Calon Pendonor Darah pada Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Tanjung Morawa, Sains dan Komputer (SAINTIKOM) VOL 18, No. 2.

Turban dkk (2005), Komponen Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta: Andi.

Seisnika (2016), Komponen Dasar Sistem Pendukung Keputusan, Jakarta: Diana.

Kursini (2007), Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.kernel.2022.v3i2.3510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Budanis Dwi Meilani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diindeks oleh:
Google Scholar logo Dimensions Logo