Perancangan Aplikasi Pengenalan Jenis - Jenis Dinosaurus Pada Anak - Anak Usia Dini Berbasis Flash

Hastuti Anggreani, Perani Rosyani

Abstract


Metode menggunakan komputer sebagai sarana media pembelajaran merupakan cara modern dalam mengenalkan kepada anak usia dini. Dalam Penelitian ini peneliti membuat game edukasi pengenalan dinosaurus dapat dilakukan dengan metode MDLC. Metode MDLC adalah metode pengembangan multimedia yang bersumber dari Luther dan sudah dimodifikasi oleh Sutopo. Hasil dari penelitian ini adalah : Dengan menggunakan Adobe Professional Flash CS6 sebagai pembuatan aplikasi, telah membantu dalam penyampaian proses pengenalan jenis-jenis Dinosaurus dengan gambar dan keterangan yang menarik untuk anak usia dini. Dengan menerapkan keterangan setiap masing-masing dinosaurus, anak usia dini bisa belajar mengenai jenis-jenis Dinosaurus tersebut. Dengan adanya aplikasi ini orang tua/guru dapat memperkenalkan jenis-jenis dinosaurus kepada anak usia dini tanpa memerlukan biaya. Dengan menerapkan Game Puzzle Dinosaurus, aplikasi ini telah membantu melatih motorik pada anak usia dini.

 


Keywords


Adobe Professional Flash CS6; Dinosaurus; Media Pembelajaran; Game Puzzle.

Full Text:

PDF

References


Yohannie Linggasari, “Masih Banyak Siswa dan Guru Indonesia yang Gagap Teknologi” [Online] Available :

https://m.cnnindonesia.com/teknologi/20150624150511-185-62108/masih-banyak-siswa-dan-guru-indonesia-yang-gagap-teknologi [Accessed: 11-Ags-2021].

Fauyhi Eko Nugroho. 2016. “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku”. Jurnal SIMETRIS. (Vol 7 No 2 November 2016). ISSN: 2252-4983.

Josi, Ahmat. 2017. “Aplikasi Penggajian Pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus Sekolah Tinggi X Y Z) ”. Jurnal UISU (Vol. 2 No. 1). Medan. Universitas Islam Sumatera Utara. ISSN: 2540-7600

K. Abdul, 2017. “Dasar Logika Pemrograman Komputer”, Jakarta: Gramedia.

KBBI, “di.no.sa.u.rus”. [Online]. Available: http://kbbi.kamus.pelajar.id/arti-kata/dinosaurus. [Accessed: 10-Oct-2021].

Tri Utmai. 2017. “Penanaman Kompetensi Inti Melalui Pendekatan Saintifik”. Jurnal : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. (Volume I No. 2 November 2017). ISSN: 2580 – 4197.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.kernel.2021.v2i2.2293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hastuti Anggreani, Perani Rosyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diindeks oleh:
Google Scholar logo Dimensions Logo