MENGUKUR WAKTU BONGKAR MUAT TRUCKING GUDANG MENGUNAKAN AKSES KONTROL CARD RIDER

Agus Wiranto

Abstract


Dilatarbelakangi oleh Pergudangan yang erat sekali terkaitanya dengan distribusi, tetapi kadang kala sering kurang mendapatkan perhatian serius. Padahal di dalam distribusi ini sering terjadi pemborosan biaya baik di dalam ongkos sewa gudang, pengangkutan ataupun ongkos bongkar muat barang, bahkan bila terjadi keterlambatann distribusi dan bonkar muat barang akan menurunkan kualitas barang tersebut dan menghambat produksi, contohnya pada barang-barang bahan baku makanan dan olahan. Barang-barang itu mempunyai nilai uang begitu pula ruang tempat barang, untuk itu kecepatan distribusi sangat diburuhkan. Adapun tujuan dan tahapan metode penelitian adalah melakukan analisa kedatangan kendaraan distribusi saat antri kedatangan hingga bongkar muat selesai digudang sebuah perusahaan yang memproduksi gula cair(Glucose), dengan tahapan metode penelitian analisa lapangan dan memasangkan alat penghitng waktu loding yang langsung terhubung dengan sistem di komputer dengan mengunakan progra, sehingga dengan luaran laporan hasil penelitian dapat meningkatkan kinerja bongkar muat dengan target waktu yang telah ditentukan.


Keywords


Gudang; Bongkar muat; Kinerja; Fingersport

Full Text:

PDF

References


Ade Putri Kinanthi, Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode Min-Max, Jurnal erfoma,2006.

Yasuhiro Monden, Sistem Produksi Toyota, Seri Manejemen Operasi No. 7 PPM dengan Yayasan Toyota & Astra ISBN 979-442-029-8 Desember 2000.

User’s guide, www.fingersport.com, 2016.

Adam farooqi, Sistem Inventory control berbasis client server dengan menggunakan Vmware tools, ISSN 1979-8911 Volume IX No2, 21.

IDTECHEX, REFD Forecasts, Players And Opportunities 2006-2016, http//www.idtechex.com/products/en/articles/00000169.asp,2006




DOI: https://doi.org/10.31284/j.kernel.2020.v1i1.1184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Agus Wiranto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diindeks oleh:
Google Scholar logo Dimensions Logo