PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU PADA PROYEK PENYELESAIAN GEDUNG PERKANTORAN PT MERAK JAYA BETON

Muhammad Raihan Kuswandi, Gede Sarya

Abstract

Pengendalian pekerjaan yang harus dilakukan yaitu penambahan peralatan serta perubahan metode pelaksanaan dapat memperpendek waktu pelaksanaan proyek, akan tetapi disisi lain biaya pelaksanaan proyek akan meningkat. Dengan adanya keterbatasan tenaga kerja maka alternatif yang biasa digunakan untuk menunjang percepatan aktivitas adalah dengan penambahan jamkerja dan penambahan tenaga kerja sehingga berpengaruh pada biaya total proyek. Untuk mengetahui hal ini perlu dipelajari tentang jaringan kerja yang ada serta hubungan antara waktu dan biaya. Hal tersebut disebut sebagai analisis pertukaran waktu dan biaya (Time Cost Off Trade). Tujuan penelitian ini untuk analisis percepatan penyelesaian proyek dengan penambahan jam kerja, menambah tenaga ahli, dan menambah peralatan pekerjaan. Metode analisis yang akan digunakan yaitu metode pertukaran waktu dan biaya (time cost trade off). Tujuan dari metode ini adalah mempercepat waktu pelaksanaan proyek dan menganalisis pengaruh waktu dapat dipersingkat dengan penambahan biaya terhadap kegiatan yang bisa dipercepat kurun waktu pelaksanaannya sehingga dapat diketahui percepatan yang paling maksimum dan biaya yang paling minimum.

Keywords

biaya dan waktu, time cost off trade, penjadwalan.

Full Text:

PDF

References

Febry Christian, 2014. Analisis Pengendalian Biaya dan waktu pada proyek pembangunan Gedung Pencak Silat di area Sport Centre folder air hitam.

Al Hafizh, 2018. Analisis Biaya dan Waktu Proyek Dalam Proses Kinerja Dengan Metode Earned Value.

Christin Natalia Lumentah, 2020. Pengendalian Biaya dan Waktu Pada Proyek Pembangunan Ruko Diarea Perumahan Kharisma Koka Minahasa Menggunakan Metode Konsep Nilai Hasil.

Ervianto, I, 2004. Teori-aplikasi manajemen proyek konstruksi Yogyakata :Andi.

Soeharto, I, 1999. Manajemen proyek dari konseptual sampai operasional (Edisi2). Jakarta : Erlangga.

Rani, I, 2014. Analisis perbandingan percepatan pelaksanaan pekerjaan ditinjau dari penambahan tenaga kerja dan penambahan jam kerja pada proyek pembangunan gedung ITERA tahap I. Skripsi :Universitas Lampung.

Santosa, B, 2013. Manajemen proyek : konsep & implementasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Anonim, 2004, Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor KEP.102/MEN/VI/2004 Waktu Kerja Lembur dan Upah Kerja Lembur, Jakarta: Departemen PU.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.