Pemanfaatan Limbah Serbuk Batang Bambu Sebagai Campuran Substitusi Agregat Halus Pada Paving Block Terhadap Kuat Tekan dan Daya Serap Air

Moh.Hilson Rahmatullah, Anita Intan Nura Diana, Subaidillah Fansuri

Abstract

Paving block mulai dikenal dan dipakai di Indonesia sejak tahun 1977/1978. Paving block  sendiri mempunyai beberapa variasi bentuk untuk memenuhi selera pemakai. Pembuatan paving block ini disesuaikan dengan tingkat kebutuhan, misalnya saja digunakan sebagai tempat parkir, terminal, jalan setapak dan juga perkerasan jalan di kompleks-kompleks perumahan serta untuk keperluan lainnya.Paving block merupakan produk bahan bangunan dari semen yang digunakan sebagai salah satu alternatif penutup atau pengerasan permukaan tanah. Paving block dikenal juga dengan sebutan bata beton (concrete block) atau cone block.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode experimental (percobaan), Penelitian ini menggunakan semen type 1 karena mampu digunakan pada keadaan normal dan tidak memerlukan persyaratan khusus. Serbuk batang bambu sebagai substitusi agregat halus dengan jumlah sampel 20 dengan variasi 0%, 5%, 15% dan 25% sebagai bahan campur untuk paving block dengan benda uji berbentuk bata  ukuran 6 x 10,5 x 21 pada 28 hari. Hasil penelitian ini akan mengetahui penyerapan maksimum, kuat tekan pada paving block, Untuk teknik analisis data yaitu menggunakan Uji Regresi Linear, Uji Linearitas dan Uji Heteroskedastisitas.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian penggunaan bahan setiap benda uji total yang dibutuhkan untuk 20 benda uji yaitu pasir 42,79 kg, semen 13,26 kg, air 5,3 kg dan serbuk batang bambu 5,43 kg. Hasil kuat tekan tertinggi yaitu variasi 5% sebesar 9,72 dan untuk daya serap air terbaik 15% sebesar 8,150. Untuk mutu beton rata rata kuat tekan dan daya serap air yaitu Mutu D. Dengan persamaan regresi Y = 309,637 – 84,447 X dengan kesimpulan ada pengaruh yang signifikan antara penambahan campuran tersebut, Dan untuk biaya semakin banyak penambahan serbuk batang bambu semakin kecil biaya yang dikeluarkan.

Keywords

paving block, specifications, cost

Full Text:

PDF

References

Tombeg, Rilya, 2020. Perkembangan Industri Konstruksi Penggunaan bahan tambah (Amixture).

Wibawanti, 2019. Perencanaan Analisis Persediaan Material Proyek dengan Menerapkan Metode Material Requiremend Planning (MRP).

Fauzi, Arthur, 2018. Pemanfaatan Limbah Anyaman Bambu sebagai Pengganti Batu Koral sebagai Agregat Kasar Paving Block.

Diana, Anita Intan Nura & Fansuri, Subaidillah, 2021. Penambahan Serbuk Limbah Kaca Dan Abu Daun Bambu Terhadap Kinerja Paving Block. Jurnal Paduraksa (Jurnal Teknik Sipil Universitas Warmadewa). Vol 10. No 2

Sugiono, 2011. Metode eksperimen ialah metode yang dipakai dalam suatu penelitian untuk mengetahui perlakuan, dampak, pengaruh pada subjek lain pada saat kondisi terkendali

Workpress, 2021. Populasi merupakan semua objek yang akan di teliti baik orang maupun benda benda alam

Workpress, 2021. Sampel merupakan bagian dari populasi yang mampu mewakili dari populasi secara keseluruhan sehingga dapat menjadi objek penelitian.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.