Analisis Faktor Supply Material Terhadap Keterlambatan Proyek Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Jalur Pedestrian Kandang Roda – Pakansari)

Nabilah Islamiati, Yunita Dian Suwandari

Abstract

Adanya Pandemik Covid-19 mempengaruhi konstruksi di Indonesia.  Permasalahan pengadaan material menjadi salah satu hambatan dalam kelancaran penyelesaian pembangunan proyek Jalur Pedestrian Kandang Roda – Pakansari. Tujuan dari penelitian adalah memberikan gambaran dampak Covid-19 terhadap supply material di proyek Jalur Pedestrian. Penelitian ini bermanfaat bagi pemerintah, kontraktor dan pemilik proyek dalam upaya memitigasi risiko agar proyek tetap berjalan lancar sesuai dengan rencana. Pengumpulan data menggunakan kuisioner berdasarkan 30 responden yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam proyek. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan SPSS versi 25.0 sebagai pengolah data kuesioner. Hasil analisis penelitian ini adalah teridentifikasinya Faktor Fluktuasi Harga Material (X1) dan Faktor Penumpukan Material (X6) merupakan faktor dominan yang mempengaruhi penyediaan material dalam Proyek Jalur Pedestrian Kandang Roda – Pakansari. Artinya, pihak kontraktor maupun pemilik proyek bisa menghindari terjadinya faktor tersebut dengan melakukan percepatan pembelian material yang sudah disepakati dalam kontrak demi menghindari terjadinya fluktuasi harga material yang semakin tinggi, serta melakukan koordinasi serta pengawasan lapangan secara berkala dan menjaga komunikasi antara anggota tim proyek dengan penyedia material dalam memantau ketersediaan bahan yang digunakan dalam proyek agar tidak terjadinya penumpukan material di proyek.

Keywords

Keterlambatan Proyek, Kuisioner, Pedestrian, Pengadaan Material, SPSS.

Full Text:

PDF

References

F. Araya, “Modeling the spread of COVID-19 on construction workers: An agent-based approach,” Saf. Sci., vol. 133, no. October, 2021, doi: 10.1016/j.ssci.2020.105022.

I. G. K. Sudipta, “Penanganan Risiko Pembengkakan Biaya Pada Proyek Konstruksi Di Kabupaten Jembrana,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, p. 130, 2017.

K. R. Gt, D. Toba, M. Elfrida, and H. Sutanto, “Analisis Risiko Keterlambatan Material dan Komponen,” vol. 21, no. 2, 2019.

F. R. Wicaksono, “Faktor-Faktor Pengaruh Setting Fisik Terhadap Pemanfaatan Ruang Pedestrian Oleh Sektor Informal ( PKL ),” vol. 2, no. 2, pp. 194–214, 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.