Perancangan dan Pembuatan Web E-Commerce di PT Berlian Anugerah Abadi Menggunakan V-Model

Bagus Rizkita, Nanang Fakhrur Rozi

Abstract

PT Berlian Anugerah Abadi merupakan perusahaan yang sedang berkembang dengan cukup pesat. Sektor bisnis dari perusahaan ini adalah penjualan dan pengadaan barang. Calon pembeli tersebut berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Sehingga menjadikan PT Berlian Anugerah Abadi memiliki jangkauan pemasaran yang sangat luas. Maka dari itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengakomodir transaksi jarak jauh. Pembayaran yang dilakukan bisa di depan atau dengan TOP(term of payment). Selain itu harga yang di tawarkan bisa dinegosiasi untuk mendapatkan kesepakatan bersama. Website e-commerce merupakan salah satu sistem yang dapat memenuhi kebutuhan dari PT Berlian Anugerah Abadi. Dengan adanya website e-commerce diharapkan dapat mempermudah proses bisnis dari PT Berlian Anugerah Abadi. Proses pembangunan aplikasi web e-commerce ini akan menggunakan metode SDLC (Systems Development Life Cycle/Siklus Hidup Pengembangan Sistem) V-Model. SDLC V-Model lebih mengedepankan pada pengujian aplikasi. Jenis pengujian yang digunakan yaitu whitebox testing pada pengujian unit. Pengujian blackbox digunakan pada pengujian integrasi dan pengujian sistem. Pengambilan kuisioner penilaian sistem ini dilakukan secara online dengan mengirimkan link google form untuk calon pelanggan dengan hasil penilaian sebesar 84%. Sedangkan admin dan manajer menggunakan penilaian secara langsung dengan hasil 92% untuk admin dan 80% untuk manajer. Dari 3 penilaian tersebut dapat dinyatakan bahwa aplikasi dapat digunakan dengan baik.

Keywords

E-commerce; ISO 9126-2; Pengadaan; Penjualan; V-Model

Full Text:

PDF

References

Banerjee, B., Banerjee, B., Singh, A., Singh, A., & Kumari, R. (2020). Efficiency Analysis of Software Development Life Cycle Models. International Journal of Computer Science Trends and Technology (IJCST), 156.

Supriyono, S. (2019). Penerapan ISO 9126 Dalam Pengujian Kualitas Perangkat Lunak pada E-book. MATICS, 11(1), 9-13.

Taluke, D., Lakat, R. S., & Sembel, A. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Spasial, 6, 531-540.

Refbacks