Pengaruh Penambangan Batu Gamping Terhadap Kondisi Lahan dan Air Tanah Dalam di Desa Bedoyo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Kristina Busira

Abstract

Potensi batu gamping sangat besar di Desa Bedoyo, Kecamatan Gunung Kidul, Yogyakarta dapat meningkatkan kondisi sosial dan ekonomi bagi masyarakat setempat. Penambangan tersebut juga dapat menimbulkan dampak besar yaitu permukaan lahan pertambangan yang rusak sehingga lebih mudah mengalami erosi, bahkan dampak dari penambangan batu gamping pada air. Tujuan penelitian: (1) Mengetahui tingkat kerusakan lingkungan, berupa laju erosi yang disebabkan oleh penambangan batu gamping di Desa Bedoyo, (2) Mengetahui arahan prioritas konservasi lahan, dan (3) Mengetahui pengaruh kegiatan penambangan batu gamping terhadap kedalaman air tanah di Desa Bedoyo. Metode penelitian pada penelitian ini terdiri dari dua bagian, yaitu: (1) Metode penelitian untuk kerusakan lingkungan menggunakan metode Universal Soil Loss Equation (USLE), faktor yang dibuat dalam perhitungan adalah erosivitas hujan (R), erodibilitas (K), panjang dan kemiringan lereng (LS), vegetasi (C), tindakan konservasi (P), dan (2) Metode penelitian untuk kedalaman air tanah menggunakan metode geolistrik resistivitas konfigurasi Schlumberger. Hasil penelitian tingkat kerusakan lingkungan berdasarkan laju erosi, daerah penelitian di Desa Bedoyo, termasuk dalam kelas bahaya erosi normal, moderat, dan sangat berat, dengan erosi tertinggi sebesar 21.501.849 ton/ha/tahun terdapat pada lahan dekat daerah tambang. Sedangkan pada penelitian geolistrik, konfigurasi Schlumberger diperoleh data titik shounding 2 berada di kedalaman akuifer 0,41–30,32 meter dan titik sounding 3 dengan kedalaman 0,60–31,76 meter.

Keywords

Erosi; Kedalaman air tanah; Konfigurasi Schlumberger; Metode USLE

Full Text:

PDF

References

Arsyad, S. 2010. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor.

Manrulu, R.H. Aryadi Nurfalaq dan Iis, D.H., Pendugaan Sebaran Air Tanah Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Wenner dan Schlumberger Di Kampus 2 Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Fisika FLUX Volume 15, Nomor 1, ISSN : 1829- 796X.

Widya Astuti. Himawati dan prof sutikno., 2007. Pengaruh Penambangan Batugampig Terhadap Air Tanah Di Desa Beoyo Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istemewa Yogyakarta. Tesis S2 Ilmu Lingkungan UGM.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.