Sistem Kompresi Citra Berbasis Color Filter Array dan Transformasi 2-D Discrete Cosine pada Manga Reader

Nanang Suryadi, Tutuk Indriyani, Hendro Nugroho

Abstract

Efisiensi penggunaan bandwith dan memory menjadi satu fokus utama yang harus diperhatikan dalam setiap pemanfaatan teknologi terutama teknologi website dan mobile. Salah satu alternatif yang dapat di implementasikan adalah memperkecil ukuran data yang ditransfer lewat suatu jaringan protokol HTTP/S. Khusus untuk jenis citra, salah satu algoritma yang memiliki performa yang baik adalah jenis algoritma Discrete Cosine Transform. Sebelum proses kompresi dilakukan, terlebih dahulu citra di konversi ke mode hitam putih atau grayscale. Untuk algoritma konversi ini digunakan algoritma Bayer Color Filter Array dengan jenis mosaicing, dimana algoritma tersebut melakukan pemisahan 2 (dua) channel warna dari 3 (tiga) channel warna di masing-masing pixel pada citra dan mempertahankan mode warna dengan hasil RGGB. Penulisan dan penelitian pada tugas akhir adalah untuk mengimplementasikan algoritma Bayer Color Filter Array dan Discrete Cosine Transform pada manga reader berbasis web. Dari hasil pengujian dapat dibuktikan bahwa data citra dengan ukuran 138 kB akan menghasilkan rasio kompresi sebesar 42.75 % dengan menggunakan level kuantisasi 50 dan dengan level kuantisasi 10 akan menghasilkan rasio kompresi sebesar 23.18 % dari kompresi citra dengan penggabungan algoritma Bayer Color Filter Array Mosaicing dan 2D-Discrete Cosine Transform. Nilai PSNR yang didapatkan untuk hasil dekompresi dengan level kuantisasi 50 adalah 19,81 dB.

Keywords

Kompresi; Manga; JPEG; Algoritma Bayer; Algoritma Discrete Cosine Transfom

Full Text:

PDF

References

Chengyou Wang, Songzhao Xie dan Xiao Zhou, 2015, Bayer Patterned Image Compression Based on Structure Conversion and APBT, (IJMUE) Vol. 10, No. 2.(2015) pp. 333-340.

(U.S Patent No. 3,971, 065) http://www.google.com/patents/US3971065

A.M.Raid, W.MKhedr, M. A. El-dosuky and Wesam Ahmed, 2014, Jpeg Image Compression Using Discrete Cosine Transform – A Survey, IJSES vol.5, No.2, April 2014.

Ali Khayam, Syed, 2003, The Discrete Cosine Transform (DCT) : Theory and Aplication, Departement of Electrical and Computer Engineering Michigan State University.

Li, Drew. “Image Compression Standart”, Fundamental of Multimedia, Chapter 9, Prentice Hall , 2003.

Joint Photo graphic Experts Group https://en.wikipedia.org/wiki/Joint_Photographic _Experts_Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.